SIMBOS Online Mempermudah Pelaporan Dana BOS

0 Komentar

CIANJUR – Aplikasi SIMBOS online diharapkan dapat mempermudah pelaporan dan pertangungjawaban terhadap sekolah yang menerima dana bantuan operasional sekolah (BOS). Dengan aplikasi tersebut, pihak sekolah dapat memantau langsung dan tidak harus menunggu laporan.
Kepala Seksi (Kasi) Peserta Didik dan Pengembangan Karakter, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Cianjur, Yaya mengatakan, aplikaksi SIMBOS tersebut memang sudah digunakan dari tahun 2018.
“Mudah-mudahan dengan aplikasi SIMBOS ini bisa lebih mempermudah pelaporan serta pertanggungjawaban dana BOS yang mana sebelumnya dilakukan secara manual atau secara ofline. Sekarang bisa di lihat di aplikasi, di manapun, oleh siapapun yang memiliki pasword dan username,” kata Yaya kepada Cianjur Ekspres, Senin (28/1).
Tim managemen sekolah yang terdiri dari bendahara, komite dan kepala sekolah bisa memantau langsung tidak hanya menunggu laporan, baik dari operator atupun bendahara. Setiap sekolah bisa langsung mengakses karena sudah mempunyai pasword dan username masing-masing.
“Kemudian kami juga tim managemen BOS kabupaten, atau pihak-pihak terkait bisa memantau langsung menggunakan aplikasi itu, jadi bisa lebih terbuka lagi dalam penggunaan bantuan operasioanl sekolah,” ungkapnya.
Yaya menjelaskan, walaupun demikian, masih ada beberapa sekolah yang kesulitan akibat sinyal yang tidak memadai seperti di daerah Cianjur selatan.
“Aplikasi ini kan online, online itu memerlukan singnal dan terkendala geografis, kendala alam sehingga ada beberapa sekolah yang harus ikut ke perkotaan atupun kecamatan untuk mengoptimalkannya. Kadang-kadang mereka bekerja bersama-sama dengan OPK di Kecamatan, sekaligus juga tukar informasi dan saling membantu dalam pengerjaannya kalau ada sekolah yang mengalami kesulitan ,” ungkapnya.
Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Sekolah Dasar Disdikbud Kabupaten Cianjur, Agus Supiandi menambahkan, adanya SIMBOS tersebut untuk mempermudah pihak sekolah dalam membuat laporan-laporan yang memang setiap tiga bulan harus dilaporkan.
“Sebab setiap tahun dana BOS itu akan ada pemeriksaan dari pihak-pihak tertentu terutama dari Irda, dari pemeriksa yang lain sudah dilakukan. Harapan kami pleaporan-pelaporan BOS itu sekolah sudah siap dengan sistem online ini,” pungkasnya (job3/sri).

0 Komentar