Koperasi Wajib Melaksanakan RAT

0 Komentar

CIANJUR – Melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kewajiban bagi setiap koperasi. Karena dalam RAT akan terungkap program koperasi kedepan serta sejauh mana perkembangan koperasi tersebut dalam menjalankan usahanya.
Demikian ditegaskan Kepala Bidang Koperasi UMKM Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur Judi Adi Nugroho saat menghadiri kegiatan RAT KPR Mitra Setia Cibeber baru-baru ini. “Koperasi itu wajib melaksanakan RAT,” kata Judi.
Dikatakan Judi, KPRI Mitra Setia merupakan salah satu koperasi terbaik yang ada di ianjur. Koperasi ini dapat melaksanakan RAT tahun buku 2018 tepat waktu sebagai ajang evaluasi kinerja pengurus dan pertanggungjawaban selama satu tahun terakhir.
“Maju mundurnya koperasi itu tergantung dari peran serta anggota dalam memajukan koperasi. Tentunya anggota sebagai pemilik sekaligus pengguna layanan koperasi harus berperan aktif dalam menggunakan fasilitas layanan koperasi baik di sektor riil, jasa maupun usaha lainnya. Karena ini akan berdampak pada pendapatam koperasi yang nantinya berupa sisa hasil usaha (SHU) akan kembali lagi ke amggota sebagai pemilik,” tegasnya.
Rapat anggota KPRI Mitra Setia Cibeber kali ini agak berbeda dengan sebelumnya. Karena didalamnya ada agenda pemiliham pengurus dan pengawas melalui mekanisme pemilihan langsung. Sebanyak 500 anggota menentukan hak suaranya memilih pengurus dan pengawas koperasi.
Dari hasil pemilihan yang berlangsung demokratis tersebut mengukuhkan Suarjat sebagai Ketua KPRI Mitra Setia priode 2019-2023. “Saya mengajak para pengurus, pengawas dan seluruh anggota koperasi untuk bersama-sama membawa KPRI Mitra Setia lebih maju dan lebih mensejahterakan anggotanya melalui kerjasma yang baik dari semua pihak,” kata Suarjat usai dikukuhkan sebagai nahkoda yang baru.
Pihak akan berupaya berjuang untuk mensejahterakan anggota koperasi yang telah memberikan amanah kepadanya. “Saya akan berjuang semaksimal mungkin melalui koperasi ini anggotanya bisa lebih sejahtera,” paparnya.
Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) Kementerian Koperasi dan UKM Salman Paris, memberikan apresiasi kepada seluruh amggota KPRI Mitra Setia Cibeber yang telah hadir untuk mengikuti RAT.
“Ini merupakan satu bukti telah tumbuh kesadaran dari mereka bahwa merekalah pemilik koperasinya, dimana maju mundurnya koperasi, merekalah yang menentukan,” tegasnya.

0 Komentar