Dandim Klaim Air Sungai Citarum Mulai Jernih

0 Komentar

CIANJUR – Dandim 0608 Cianjur, Letkol Czi (k) Hidayati, mengatakan, program Citarum Harum sudah menunjukan progres yang baik, dimana kondisi air mulai mengalami penormalan.
Menurutnya, program yang disampaikan bakal berjalan selama tujuh tahun optimal diperkirakan akan lebih cepat selesai. Mengingat dalam setahun berjalan sudah ada capaian yang baik.
“Sudah ada hasil, air kembali jernis. Kemarin juga sudah ada evaluasi,” kata dia saat ditemui di Unit Kantor Keimigrasian Cianjur, Rabu (23/1).
Dia mengatakan, warga di sepanjang sungai Citarum sudah mulai mnunjukan perbaikan pola hidup, dari yang semula membuang limbah ke sungai termasuk baung air, kini sudah tidak lagi. “Bahkan kini mulai dilakukan penanaman pohon yang berbatang keras,” kata dia.
Di wilayah Cianjur, Hidayati, mengatakan, juga sudah menunjukan ke arah positif. Bahkan program yang dijalankan juga didukung oleh semua pihak, termasuk pemerintah daerah.
“Para petani KJA juga mulai ada yang beralih, dari semula bertani ikan di kolam apung menjadi di darat,” kata dia.
Ditanya terkait perusahaan yang melakukan pelanggaran, dia menjelaskan, sudah ada yang diperiksa dan diproses. Rata-rata mereka membuang limbah tanpa memiliki instalasi pengelolaannya.
“Itu sudah jadi ranah Polres Cianjur. Ada beberapa perusahaan yang tidak mengolah limbahnya dengan IPAL. Untuk jelasnya bisa ditanyakan ke Polres Cianjur,” kata dia.(bay/red)

0 Komentar