Smancir Perisapkan Siwa Masuk PTN Melalui SBMPTN

0 Komentar

CIANJUR – Waktu pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang semakin dekat membuat sekolah-sekolah yang ada di Cianjur terus mempersiapkan diri.
Seperti yang dilakukan SMAN 1 Ciranjang (Smancir). Tidak hanya mengenai sarana dan prasarana yang dipersiapkan, simulasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) juga dipersiapkan agar siswa bisa melaksanakn UN pada waktunya.
Selain mempersiapkan UNBK, Smancir juga tengah disibukkan dengan berbagai persiapan para siswa untuk ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tidak sedikit siswa yang mengharapkan bisa masuk perguruan tinggi negeri selepas purna dari Smancir.
Kesiswaan SMAN 1 Ciranjang, Yusuf Eliyadi menuturkan, dari tanggal 4 hingga 25 Januari 2019, sekolah memang tengah disibukan mendaftarkan siswanya dengan cara mengisi di pangkalan data siswa di web sbmptn.ac.id.
“Sekolah mengsisikan nilai-nilai siswa dan memasukkan data siswa. Memverifikasi bahwa nilainya sudah benar sesuai dengan raport dari smester satu sampai semester lima. Baru setelah itu di Februari siswa mendaftarkan diri. Panitia SBMPTN akan memberi peringkat dari 40 persen terbaik di kelas IPA dan IPS,” kata Yusuf kepada Cianjur Ekspres, Kamis (17/1).
Yusuf mengungkapkan, siswa yang berhak mendaftarkan diri di SBMPTN setelah mengecek baru bisa mendaftar. Di tahap dua pendaftaran pada Februari, dan untuk pengumuman pada tanggal 26 Maret mendatang.
“Kesulitannya tidak terlalu signifikan, paling hanya pengisian data saja. Setelah itu siswa bisa mendaftakan diri sendiri secara gratis di laman sbnptn.ac.id. Ini berdasarkan nilai raport jadi tidak ada tes, dan nanti ada lagi SBMPN setelah selesai bulan Maret dibuka lagi tes ujian tes berbasis komputer (UTBK),” ujar Yusuf.
Adanya berbagai persiapan yang dilakukan, diharapkan para siswa nantinya bisa masuk ke berbagai perguruan tinggi yang diinginkan oleh para siswa.
“Harapan kami semoga para siswa bisa masuk ke perguruan tinggi, dari SMAN 1 Ciranjang minimal ada 20 orang bisa masuk ke perguruan tinggi di seluruh Indonesia, apalagi ke berbagai univertias favorit seperti ITB, IPB, UI, UPI, UNPAD dan lainnya,” pungkasnya (job3/sri).

0 Komentar