Lagi, SMAN 1 Ciranjang Torehkan Prestasi

0 Komentar

CIANJUR – SMAN 1 Ciranjang (Smancir) kembali torehkan prestasi dengan mendapatkan juara harapan 1 vocal Group se-Jabar dalam acara Bunkasai ke-19, yang diadakan oleh Prakarsa musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) bahasa Jepang se-Jabar. Acara tersebut dilaksanakan pada 13 Januari lalu di SMKN 13 Bandung, dengan tema ‘Lintas Budaya’.
Guru Bahasa Jepang sekaligus staf kesiswaan SMAN 1 Ciranjang, Karyati mengatakan, setiap satu tahun sekali di Jabar selalu mengadakan Bungkasai Festival atau apresiasi bahasa dan kebudayaan bahasa Jepang, yang diikuti oleh sekolah tingkat SMA dan SMK se-Jabar.
“Sebetulnya banyak sekolah hampir seratus sekolah di Jabar yang menyelenggarakan bahasa Jepang. Meskipun tidak ada jurusan bahasa sebagai lintas minat saja mereka mengikuti acara tersebut. Antusias dari setiap sekolah pun sangat luar biasa, terbukti dengan banyaknya peserta yang ikut,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Kamis (17/1).
Karyati melanjutkan, yang dilombakan dalam acara tersebut diantaranya pidato bahasa Jepang, Rodoku atau baca huruf Jepang, di mana di sana disediakan kertas khusus dan menggunakan koas khusus Jepang dan tinta Jepang.
“Selain itu ada lomba desain karakter, lomba cusplay menggunakan kostum ala-ala hiro Jepang, kemampuan bahasa Jepang dan lomba vokal grup bahasa Jepang. Alhamdulillah kami di sana mendapatkan juara harapan satu se-Jabar,” pungkasnya (job3/sri).

0 Komentar