Pegawai Pegawai Krakatau Steel Belajar Ternak Ayam dari Babinsa

0 Komentar

CIANJUR – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Mangunkerta, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur Serma Yaya Rochmaya mendadak terkenal. Hal itu berkat keahliannya, selain sebagai prajurit, Babinsa tersebut juga mahir dalam beternak ayam.
Pengetahuannya dalam beternak ayam tidak di ragukan lagi. Berkat keahliannya itu, baru-baru ini puluhan pegawai perusahaan Krakatau Steel dari Cilegon, Banten berbondong-bondong ingin belajar beternak kepada prajurit TNI ini.
Para pegawai yang akan memasuki masa pensiun tersebut ingin belajar bagaimana beternak yang sukses seperti yang dilakukannya. Tentu ini menjadi kebanggan bagi Koramil 0805/Cugenang dan jajaran TNI AD di lingkungan Kodim 0608/Cianjur.
Selain mampu menghasilkan pendapatan tambahan, Serma Yaya tidak pelit berbagi ilmu. Dia sering mengedukasi ilmu kewirausahaannya kepada para calon pegawai perusahaan swasta, lengkap dengan teori serta prakteknya di lapangan.
“Pegawai Krakatau Steel ini bulan yang pertama, sebelumnya pernah ada juga. Selain teori, kita juga mengajak puluhan calon pegawai yang akan pensiun ini praktek ke kandang ayam,” ungkapnya.
Dengan membagi-bagikan ilmunya, Serma Yaya berharap, peternakan ayam kampung yang sudah dirintisnya bisa menginspirasi para karyawan perusahaan yang akan menghadapi pensiun. Sehingga setelah pensiun masih memiliki kegiatan dan bisa menghasilkan pendapatan.
“Bukan sedikit baik pegawai negeri maupun swasta saat pensiun mengalami kegagalan finansial. Hal ini disebabkan karena tidak mampunya seseorang mengelola manajemen keuangan,” jelas dia.
Pensiun kata Yaya, seharusnya memang dibekali oleh pembinaan kewirausahaan. Hal tersebut, supaya mereka tidak mengalami kegagalan finansial usai meninggalkan pekerjaannya.
“Melalui pelatihan dan pembinaan kewirausahaan, saya yakin para pensiun bisa mendapatkan kesejahteraan untuk menghidupi keluarganya,” pungkasnya.(yis/sri)

0 Komentar