SMP Al-Azhari Cianjur Unggul dalam Ekskul Pencak Silat

0 Komentar

CIANJUR – Sejumlah atlet silat ternyata lahir dari SMP Al-Azhary Cianjur. Sekolah tersebut telah mendulang sejumlah prestasi dari cabang pencak silat ini. Pencak silat telah menjadi program sekolah dan terus dikembangkan sudah berlangsung sekitar 11 tahun.
Kepala SMP Al-azhary Cianjur, Agus Sutriadi Usman mengatakan, SMP AL-Azhary memang mempunyai banyak ekskul, tetapi yang menjadi unggulan yaitu ekskul pencak silat. Untuk pencak silat latihannya rutin dilaksanakan setiap hari dari pukul 15.00 Wib hingga pukul 17.00 Wib.
“Alhamdulillah yang telah kami hasilkan dari ekskul pencak silat diantaranya sering mendapatkan kejuaraan di even-even tertentu,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Senin (14/1).
Setiap tahunnya telah diprogramkan bahwa dari pencak silat ada yang masuk ke Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP), yang mana program tersebut adalah dari pemerintah yang di dalamnya ada beasiswa khusus untuk atlet.
“Setiap tahun SMP Al-Azhary memang selalu mempunyai kesempatan, dan memang tidak semua sekolah bisa mendapatkan kesempatan karena terbatas. Tetapi kalau dari sekolah kami setiap tahun ada yang masuk,” ungkapnya.
Ekskul pencak silat di SMP Al-Azhary memang diadakan bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa yang ingin mempunyai keahlian. Nantinya setelah ke luar sekolah mempunyai ilmu atau modal. Selain itu, juga untuk kesehatan para siswa dalam menggapai prestasi baik di sekolah atau pun di luar sekolah.
“Dari ekskul pencak silat ini telah melahirkan atlet nasional melalui PPLP, jadi dari sekolah kami ditarik oleh Jabar dan di sekolahkan oleh pihak pemerintah Jabar. Mereka diberikan latihan khusus sampai ke perguruan tinggi,” katanya.
Ketika itu, lanjut dia, atlet yang berprestasi dari alumni SMP Al-Azhary mengikuti kejuaraan nasional dan ternyata di tingkat nasional memiliki prestasi yang bagus, sehingga sekarang menjadi atlet nasional.
“Kami tidak pernah putus dan ada kaderisasinya, sehingga kami tidak padam dan ada tindak lanjutnya untuk menghasilkan siswa yang berprestasi. Untuk para siswa dari SD yang akan melanjutkan ke SMP, perlu diketahui bahwa SMP Al-Azhary ini mempunyai unggulan pencak silat,” pungkasnya (job3/sri).

0 Komentar