Sampah Pasir Sembung Terbawa Banjir Genangi Sawah

0 Komentar

JL PASIR SEMBUNG – Warga Kampung Kandangsapi, Kecamatan Cilaku mengaku kebingungan setiap terjadi turun hujan. Pasalnya tak sedikit tumpukan sampah dari pasir sembung terbawa banjir hingga sampai ke areal pesawahan.
Munawar (38) salah seorang warga Kampung Kandangsapi, Kecamatan Cilaku mengatakan, kejadian ini merupakan yang ketiga kalinya. Dia meminta kepada pemerintah supaya segera mungkin memberikan solusi terhadap persoalan TPA Pasir Sembung.
“Hari ini (kemarin) yang paling parah, sebelumnya tidak pernah separah ini, sungainya menyempit karena terkena longsoran sampah,” katanya.
Ia khawatir jika sewaktu-waktu air meluap hingga berdampak terhadap pemukiman warga. “Ini baru satu jam hujan saja seperti ini dampaknya. Saya memohon kepada pemerintah supaya memperhatikan secara serius permasalahan di sini,” katanya.
Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur, Sumarna membenarkan adanya kejadian tersebut.
“Pasca kejadian itu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur bergerak cepat untuk membersihkan sampah yang menumpuk di sungai dengan menggunakan alat berat,” katanya. Ia menjelaskan longsornya tumpukan sampah tersebut terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah itu.
“Sampah yang menumpuk tergerus air hingga longsor ke sungai hingga mengakibatkan aliran sungai mampet dan air menggenangi pemukiman penduduk serta areal pertanian yang ada di sekitaran TPA Pasirsembung,” jelasnya. (yis/sri)

0 Komentar