Bangunan Pasar Ciranjang Terbengkalai

0 Komentar

CIANJUR – Proyek bangunan Pasar Ciranjang pada 2017 lalu mulai hancur sebelum difungsikan. Oleh karenanya, pembangunan yang menelan anggaran miliaran rupiah itu harus dipertanggungjawabkan.
Direktur LSM Cianjur Aktivis Indevendent (CAI) Cianjur, Farid Sandi, mengatakan, bangunan yang terbengkalai itu terindikasi telah merugian negara. Ada sekitar 200 lapak di bangunan baru Pasar Ciranjang itu rusak.
“Bangunan pasar tersebut terbengkalai dan nyaris hancur alias tidak layak untuk dipergunakan. Kami menilai bahwa pembangunan yang menalan dana Rp 5 miliar tersebut sampai saat ini terbengkalai,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Senin (14/1).
Farid menilai, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperdagin) Kabupaten Cianjur harus bertanggung jawab atas kelalaian tersebut. Sebab bangunan tersebut menggunakan uang rakyat yang mana seharusnya dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat, bukan malah jadi bancakan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
“Kami dari CAI akan melakukan audiensi publik bersama dinas terkait guna mendengarkan apa alasan dari dinas tersebut. Dan setelah itu tindaklanjutnya kami akan melaporkan kejadian ini kepada aparat penegak hukum dan mendesak untuk dilakukan pemeriksaan,” kata dia.
Menurutnya, apabila benar terjadi kerugian negara yang timbul akibat dari kualitas pembangunan tersebut, pihaknya meminta untuk diproses secara hukum. “Kami akan mengacu berdasarkan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi, dan
PP Nomor 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pasar Diskoperdagin Kabupaten Cianjur, M Yana Kamaludin, mengakui terbengkalainya bangunan Pasar Ciranjang. Menurutnya, ada lebih dari 448 lapak dan lebih dari seribuan pedang nantinya. Namun hingga saat ini memang diberhentikan sementara karena terbentur anggaran yang tidak cukup.
“Sebenarnya tidak hanya pasar saja, dan termasuk sarana lainnya. Itu nanti kami upayakan melanjutkan pembangunannya hingga selesai,” terang Yana saat dihubungi melalui telepon seluler, Senin (14/1).
Yana mengatakan, hari ini (15/1) pihaknya akan mecoba mengadakan audensi bersama Plt Bupati Cianjur H Herman Suherman akan membahas kelanjutan pembangunan Pasar Ciranjang. “Insyaallah besok (hari ini, red) bersama kepala Diskoperdagin dan Plt bupati akan membahas kelanjutan pembangunan pasar di Ciranjang,” katanya.

0 Komentar