PUPR Terjunkan Empat Alat Berat Atasi Longsor Naringgul

PUPR Terjunkan Empat Alat Berat Atasi Longsor Naringgul
ALAT BERAT: Untuk menyinglirkan longsor yang menutup akses jalan, PUPR terjunkan alat berat
0 Komentar

CIANJUR – Kemenetrian PUPR menurunkan 4 alat berat untuk menyingkirkan material longsoran yang menutup Jalan Utama Bandung-Cianjur selatan, tepatnya di Kecamatan Naringgul.
Kepala Balai Besar PUPR PJN wilayah VI, Heri Suko, mengatakan keempat alat berat tersebut sudah sampai ke lokasi menjelang malam dan langsung melakukan upaya pembersihan matrerial longsor. Pihaknya menergetkan satu hari kedepan jalur utama Bandung-Cianjur itu, sudah dapat dilalui kendaraan roda empat dan lebih secara normal dari kedua arah.
“Sampai sore ini, baru kendaraan roda dua yang sudah dapat melintas dan pejalan kaki. Namun tetap harus waspada dan hati-hati karena alat berat masih berupaya menyingkirkan material longsor,” katanya kepada wartawan, Senin (12/11).
Dia mengimbau warga yang melintas mengunakan kendaraan roda dua atau berjalan kaki harus ekstra hati-hati karena landasan jalan masih licin akibat lumpur yang tebal.
Saat ini tambah dia, empat alat berat yang terdiri dari dua exsavator dan dua loder tengah berusaha menyingkirkan material longsor dengan ketebalan 5 meter dan panjang 50 meter menutup landasan jalan.
“Tebalnya dan panjangnya longsoran membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tim melakukan pembersihan meskipun mengunakan empat alat berat, harapan kami warga dapat bersabar dan mengunakan jalur lain untuk beraktifitas,” katanya.
Di sisi lain, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno mengatakan, masih belum bisa dipastikan kapan jalur tersebut dapat kembali dilintasi motor maupun mobil.
“Soalnya penyelesaian proses sterilisasi lokasi dari material tanah, masih perlu melihat situasi dan cuaca. Saat ini cuaca memang sangat berpengaruh, jadi evakuasi harus dihentikkan beberapa kali,” kata dia.
Hingga saat ini, BPBD bersama PUPR Cianjur, muspika, dan masyarakat masih berada di lokasi untuk mensterilkan lokasi. Dari pihak provinsi juga sudah berada di lokasi untuk membantu dengan menurunkan dua alat berat untuk mengangkut material longsoran.
Sugeng mengimbau, pengendara menggunakan jalur alternatif jika hendak bepergian ke Cianjur selatan. Apabila berkendara dari Bandung, jalur Pangalengan, Ciwidey, dan Rancabuaya bisa dipilih untuk akses ke Cianjur.

0 Komentar