Bank BRI Cabang Cianjur Dukung Program Desmigratif

Bank BRI Cabang Cianjur Dukung Program Desmigratif
PROGRAM BANTUAN: Perwakilan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Cianjur, Mochamad Irvan, secara simbolis menyerahkan bantuan berupa bangunan Desmigratif kepada Kepala Desa Gelar Anyar Kecamatan Pagelaran, yang didampingi staf beserta tokoh masyarakat. (ZENAL MUSTARI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Sebagai wujud dari PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam memberikan fasilitas dan layanan perbankan dalam program Desa Migran Produktif (Desmigratif), melalui kerja sama dengan Kementrian Ketenagakerjaan (Kemenaker), BRI Cabang Cianjur menyerahkan bantuan berupa bangunan program Desmigratif di Desa Gelar Anyar, Kecamatan Pagelaran.
Bangunan Desmigratif ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan usaha produktif yang melibatkan keluarga TKI. Selain itu keluarga TKI mendapatkan pelatihan dan pendampingan untuk melakukan kegiatan produktif. Dengan demikian, pengelolaan dana remitansi yang masuk ke desa-desa tempat TKI berasal menjadi lebih produktif.
Program Desmigratif digagas oleh Kemenaker dengan menggandeng 7 kementrian lainnya. Pemerintah melalui program ini telah menyusun langkah komperhensif dengan menggandeng lembaga keuangan perbankan untuk memberikan pendidikan keuangan, pengelolaan, dan pemanfaatan dana remitansi TKI yang masuk ke Indonesia.
Humas Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Cianjur, Mochamad Irvan, mengatakan, Kemnaker menggandeng Bank BRI sebagai BUMN dimaksudkan untuk menjadi bagian dari upaya pemerintah melindungi dan meningkatkan kesejahteraan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri dan keluarganya sejak dari kampung halaman.
“Kehadiran BRI cabang Cianjur dalam program ini sebagai bentuk peran aktif mendukung terwujudnya kemandirian ekonomi di desa migran,” kata Irvan kepada Cianjur Ekspres, Rabu (19/9).
Dana remitansi yang dikirimkan oleh TKI dari luar negeri diharapkan dapat bermanfaat sebagai modal usaha produktif, sehingga menggerakkan ekonomi pedesaaan. Pelatihan dan pendampingan sangat diperlukan, khususnya dari PT Bank Rakyat Indonesia dalam mempertajam kemampuan pengelolaan ekonomi mikro para penerima dana remitansi di pedesaan.
“BRI akan mendorong lahirnya berbagai potensi bisnis mikro dari kerjasama ini. Harapannya kedepan akan banyak entitas bisnis baru sebagai embrio yang dapat meningkatkan ekonomi di pedesaan, sehingga berdampak menggerakkan ekonomi kerakyatan secara nasional,” ungkap Irvan.
Pada kesempatan tersebut, pihak PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Cianjur, secara simbolis menyerahkan bantuan berupa bangunan Desmigratif kepada Kepala Desa Gelar Anyar Kecamatan Pagelaran, yang didampingi staf beserta tokoh masyarakat. (adv)

0 Komentar