SMK Binkara Asah Kewirausahaan Siswa di Sekolah

SMK Binkara Asah Kewirausahaan Siswa di Sekolah
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Para siswa SMK Binkara jurusan multimedia akan membuat produk makanan ringan, seperti kripik singkong dengan merek tersendiri yang siap dipasarkan ke masyarakat luas. Pembuatan produk khusus tersebut dilakukan bertujuan untuk melatih kemampuan dan kreativitas para siswa di bidang wirausaha.
Guru Kewirausahaan SMK Binkara, Sali Lasmanah, mengatakan, pada semester pertama di tahun ini, para siswa jurusan Multimemdia akan membuat produk makanan dengan merek tersendiri yang siap dipasarkan ke masyarakat luas.
“Untuk produk yang akan dibuat berupa makanan seperti kripik singkong dan makanan lainnya, yang mana merek pada makanan tersebut nantinya akan didesain semenarik mungkin oleh anak-anak jurusan multimedia,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, kemarin (3/9).
Sali melanjutkan, para guru sebelumnya telah merekomendasikan jenis-jenis produk yang akan diolah oleh para siswa. Mereka dari tiga kelas X, XI dan XII akan dibuat beberapa kelompok untuk mengolah, mendesain merek dan memasarkannya melalui media sosial.
“Nantinya mereka akan mempromosikan jenis-jenis produk yang telah mereka buat di sosial media mereka masing-masing, dan juga di sosial media milik sekolah. Harapan saya dengan diadakannya pembuatan produk makanan oleh para siswa, mudah-mudahan setelah lulus dari sekolah ini mereka menguasai kewirausahaannya sendiri, karena dunia sekarang membutuhkan wirausaha,” kata dia.
Kepala SMK Binkara, Ikah Kartika Ningsih, memberi tanggapan positif dengan adanya pembuatan produk makanan dengan merek tersendiri. Menurutnya, selain untuk menjual produk yang di hasilkan, keahlian para siswanya pun bisa menjadi nilai jual yang sangat tinggi.
“Jadi dengan ini kemampuan para siswa lebih terasa. Kemudian mereka punya peluang kewirausahaan yang lebih tinggi, dan juga yang paling utama sekolah kami pun di promosikan secara tidak langsung, karena di dalamnya ada edukasi dan juga promosi,” pungkasnya.(job3/red)

0 Komentar