Mencetak Pemimpin yang Bertanggung Jawab

Mencetak Pemimpin yang Bertanggung Jawab
PELATIHAN: SMP Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur ketika mengadakan pelatihan kepemimpinan siswa Taruna Melati 1 (PKSTM). (MUHAMAD NURSIDIN/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – SMP Islam Kreatif Muhammadiyah Cianjur rutin mengadakan pelatihan kepemimpinan siswa Taruna Melati 1 (PKSTM). Kegiatan itu bertujuan untuk mempersiapkan pengkaderan dan pergatian kepemimpinan di SMP Islam Krteatif Muhammadiyah.
Kepala SMP Islam Kreatigf Muhammadiyah Cianjur, Suroto, mengatakan, di mulai dari kelas VII diadakan perekrutan dengan pendaftaran dan wawancara untuk menjadi pimpinan daerah ikatan pelajar Muhammadiyah (IPM).
“Untuk calon pesertanya nanti dipilih sebanyak 30 siswa yang di anggap mempunyai kemampuan dengan wawancara tertulis, ” kata dia kepada Cianjur Ekspres, kemarin (9/2).
Untuk pemilihan dan pemberian materi, nantinya akan ada enam siswa terpilih dan mendapatkan suara terbanyak yang bakalan menjadi ketua, wakil ketua, bendahara, sekretaris dan sisanya di bagian anggota.
“Untuk isi materi yang diberikan yakni keagamaan, ke Muhammadiyahan, motivasi, dan tanggung jawab organisasi. Tujuannya untuk melatih kemandirian, dasar-dasar kepemimpinan, aturan organisasi,” ungkapnya.
Pelatihan kepemimpinan Taruna Melati 1 tersebut dilakukan selama tiga hari dua malam, yang diawali dengan upacara pembukaan, pelaksanaan, dan terakhir pengukuhan calon pemimpin yang terpilih. Untuk para pemilih akan dipilih oleh sebanyak 30 siswa yang sebelumnya telah direkrut.
“Setiap tahun di sekolah kami memang selalu ada pelatihan kepemimpinan. Tujuannya untuk mempersiapkan pengkaderan dan pergantian kepemimpinan. Dan diharapkan dapat menjadi anak yang saleh dan salehan untuk menjadi pemimpinan di masa yang akan datang ” kata dia.(job3/red)

0 Komentar