Sampah di Kawasan Cipanas Perlu Penanganan

Sampah di Kawasan Cipanas Perlu Penanganan
KESADARAN MASYARAKAT: Petugas Rumah Singgah Sampah Cipanas, mengangkut tumpukan sampah yang terus menggunung di kawasan Simpang Raya, Kecamatan Cipanas. (AYI SOPIANDI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

CIANJUR, cianjurekspres.net – Permasalahan sampah di Kecamatan Cipanas dan Pacet, Kabupaten Cianjur, masih perlu penanganan serius dari Dinas Lingkungan Hidup. Selain itu, perlunya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, menjadi faktor penting untuk menghilangkan efek negatif di kawasan wisata.
Kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah, menjadi faktor meningkatnya tumpukan sampah. Mengantisipasi hal tersebut, Koordinator Rumah Singgah Sampah Cipanas, terus berupaya menangani terjadinya penumpukan sampah di sepanjang jalur protokol Cipanas-Pacet dengan menambah jumlah petugas kebersihan.
“Bersama tim rumah singgah sampah Cipanas kami tetap akan selalu berusaha untuk meminimalisir sampah-sampah di sepanjang jalur protokol Cipanas-Pacet, dengan menempatkan petugas kebersihan. Selain itu, semua elemen masyarakat disini diharuskan ikut berperan aktif bagaimana caranya menjaga kebersihan,” kata Dede Ikhsan saat dihubungi Cianjur Ekspres, Senin (30/7).
Dia mengatakan, masih ada beberapa titik tumpukan sampah yang masih terlihat khsusnya di Simpang Raya atau perbatasan Kecamatan Cipanas dan Kecamatan Pacet. Menurutnya,
tumpukan sampah tersebut merupakan sampah rumahan yang sengaja di buang di lokasi tersebut.
“Yang saya tahu, sampah tersebut dominan yang membuangnya warga atau dari Kecamatan Pacet sebanyak 70 persen dan selebihnya 30 persen warga Cipanas,” ujar Dede.
Menurutnya, hal tersebut dikarenakan tidak adanya fasilitas atau bak sampah di wilayah Kecamatan Pacet. Sehingga, mau tidak mau warga membuang sampahnya di wilayah Kecamatan Cipanas (Simpang Raya, red).
“Faktor utamanya adalah, kurangnya kesadaran warga dalam hal membuang sampah pada tempatnya. Selain itu diharapkan, setiap desa masing-masing di wilayah Kecamatan Cipanas dan Kecamatan Pacet agar memberikan fasilitas atau bak penampungan sampah,” pungkasnya. (mg2/yhi).

0 Komentar