Limbah Kimia Cemari Pemukiman Warga

Limbah Kimia Cemari Pemukiman Warga
MENINJAU PEMBUANGAN: Petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur ketika mengecek limbah kimia yang dibuang ke galian C. (ISTIMEWA)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Warga di sejumlah kecamatan di Kabupaten Cianjur diresahkan dengan pencemaran udara yang diduga bersumber dari limbah kimia yang dibuang sembarangan di beberapa lokasi. Bahkan, warga mengeluhkan pusing dan mual karena terlalu lama menghirup aroma limbah layaknya bau gas elpiji tersebut.
Bahkan, baru-baru ini terjadi di Kampung Pasirlembu, Desa Sukajadi Kecamatan Karangtengah. Berdasarkan informasi yang dihimpun, awalnya warga sekitar menduga jika ada gas bocor dari SPBE yang tidak jauh lokasinya dari pemukiman, mengingat baunya seperti elpiji.
Warga yang mulai terganggu dengan bau gas tersebut mendatangi SPBE. Namun, warga bersama petugas dan pihak keamanan SPBE tidak menemukan adanya kebocoran gas. Tidak lama dari itu, warga pun mendapati sumber bau menyengat itu dari beberapa buah drum yang berada di galian pasir, tidak jauh dari lingkungan warga.
“Memang awalnya begitu, dikira dari SPBE. Tapi kan kalau ada gas bocor pasti ketahuan, tidak mungkin sampai langsung menyebar ke lingkungan warga. Ternyata sumbernya dari sekitar galian, dimana ada empat drum berisi cairan yang diduga limbah kimia,” ujar Apud, Satpam SPBE di Jalan Raya Cibogo kepada wartawan saat dihubungi melalui telepon seluler, kemarin (29/8).
Warga bersama pihak galian pun segera menimbun empat drum berisi cairan kimia tersebut, mengingat warga sudah sangat terganggu dengan baunya. Bahkan beberapa orang merasakan dampak, dimana merasa pusing, susah bernafas, hingga mual-mual.
“Kalau sampai dirawatnya berapa orang itu kurang tahu, tapi informasi dari warga begitu. Ada yang sampai muntah-muntah,” katanya.
Asep, 65, salah seorang pedagang kopi yang tak jauh dari lokasi galian mengaku, sempat mendapati sebuah mobil pickup berwarna hitam yang membawa drum tersebut, pada Sabtu (28/7) siang, sekitar pukul 11.00 Wib.
Dia pun sempat menanyakan isi dalam drum tersebut kepada pelaku dugaan pembuang limbah. Jawabannya cukup mengagetkan karena isi dalam drum merupakan limbah kimia cair dari rumah sakit. “Saya sambil lewat sempat nanya, buang apa itu? Katanya limbah dari rumah sakit. Cairan apa lah namanya, saya lupa lagi,” ucapnya.

0 Komentar