Warga Pesisir Pantai Cianjur Selatan Diminta Waspada

Warga Pesisir Pantai Cianjur Selatan Diminta Waspada
GELOMBANG TINGGI: BPBD imbau warga pesisir pantai selatan Cianjur untuk mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman menjauhi bibir pantai. (ISTIMEWA)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Gelombang tinggi di pesisir pantai selatan Cianjur mulai mengalami peningkatan status. Bahkan kini ketinggian ombak sudah mencapai 4-5 meter. Warga pun diingatkan untuk mengevakuasi diri ke tempat yang lebih aman menjauhi bibir pantai.
Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Sugeng Supriyatno, mengatakan, sejak Selasa (24/7) kondisi gelombang tinggi sudah menunjukan peningkatan. Sebelumnya, ketinggian gelombang di sepanjang pantai selatan Cianjur hanya 2 meter, dan belum menjadi ancaman.
“Awalnya di Jawa Timur yang sudah sampai ketinggian 4 meter dan memberikan dampak, sementara Cianjur masih sebatas tidak bisanya nelayan melaut. Tapi kemarin terpantau ada peningkatan status,” kata Sugeng kepada wartawan saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (28/7).
Menurutnya, berdasarkan informasi yang diterima dari BMKG, gelombang tinggi tersebut akan meningkat statusnya mulai 24 hingga 26 Juli 2018. “Makanya diperkirakan besok akan terjadi puncaknya,” ujar Sugeng.
Meski begitu, lanjut dia, ancaman bagi warga di lingkungan pesisir pantai sudah ada. Mengingat dengan ketinggian 4 meter, air sudah sampai ke lapak dan warung di pantai. Tidak menutup kemungkinan, air akan sampai ke pemukiman hingga memberikan kerusakan.
“Sudah sampai ke warung tepi pantai, tapi sebatas banjir rob, tidak ada kerusakan seperti di daerah lain. Potensi tetap ada, apalagi jika puncaknya memang terjadi besok dan gelombang semakin tinggi,” ucapnya.
Sugeng menambahkan, pihaknya sudah mengirim sejumlah regu diberangkatkan ke Cianjur Selatan untuk mengawasi dan melakukan langkah antisipasi. Warga yang rumahnya dekat bibir pantai pun mulai mengungsi ke rumah kerabatnya yang dinilai lebih aman.
“Tim sudah berangkat ke sana, untuk mengawasi sepanjang pantai, mulai dari sinar laut, jayanti, dan pantai lain di wilayah selatan. Warga sudah diimbau untuk evakuasi diri ke tempat aman. Kami harap tidak ada dampak besar dari gelombang tinggi ini, “pungkasnya. (bay/yhi)

0 Komentar