Antisiapasi Banjir Muspika Gelar Jumsih

Antisiapasi Banjir Muspika Gelar Jumsih
GERAKAN KEBERSIHAN: Sejumlah petugas dari Kecamatan Pacet dan Cipanas, melakukan giat jumat bersih (jumsih) di sepanjang jalan protokol perbatasan dua wilayah. (AYI SOPIANDI/ CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Mengantisipasi terjadinya banjir, Jajaran Muspika Kecamatan Pacet dan Kecamatan Cipanas, melakukan kegiatan jumat bersih (Jumsih) di sepanjang jalur protokol jalan nasional di perbatasan wilayah kecamatan.
Selain muspika, kegiatan jumat bersih ini juga turut dibantu oleh tim kebersihan rumah singgah sampah cipanas, hal ini dilakukan guna untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat turun hujan.
Camat Pacet Muzani Saleh mengatakan, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang dilakukan dalam setiap minggunya. Dengan kegiatan Jumsih diharapkan bisa meminimalisir terjadinya banjir jika hujan turun.
Menurutnya khusus untuk wilayah Kecamatan Pacet terutama warga desa yang ada di jalan protokol sudah adanya larangan tidak membuang sampah dipinggir jalan. “Selain itu kita juga mencoba mengingatkan kepada warga masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di sembarangan tempat,” kata Muzani kepada Cianjur Ekspres, Jumat (13/7).
Dia mengatakan, kegiatan tersebut juga diharapkan agar warga yang tadinya suka buang sampah sembarangan agar lebih mengindahkan teguran-teguran yang kita sampaikan melalui desa-desa yang nantinya disampaikan lagi oleh perangkat desa masing-masing.
“Bisa dibayangkan, Pacet dan Cipanas ini merupakan jalur nasional bahkan banyak wisatawan yang datang ke tempat-tempat wisata di wilayah Pacet dan Cipanas untuk berlibur. Jadi kalau sampah masih berserakan bukan tidak mungkin wisatawan pun akan berpikir ulang untuk berlibur karena banyak sampah berserakan,” katanya.
Senada di katakan Camat Cipanas Ahmad, tingkat kesadaran warga akan tertib buang sampah masih kurang. Di beberapa titik di jalur nasional di Kecamatan Cipanas memang masih terdapat tumpukan-tumpukan sampah dipinggir jalan.
“Warga yang suka buang sampah itu terkadang bukan hanya warga Cipanas saja. Kadang dari kendaraan yang melintas mereka tak sadar buang sampah sembarangan, seperti sampah-sampah bekas makanan ringan, botol air mineral dan sebagainya. Jadi kembali lagi dari kesadaran kita masing-masing,” ungkap Ahmad. (mg2/yhi)

0 Komentar