Ikan Koi Cibeber Raih Juara Nasional

Ikan Koi Cibeber Raih Juara Nasional
IKAN JUARA: Indukan Ikan Asagi asli Jepang yang dimiliki oleh H Iden di Desa Peuteuycondong Kecamatan Cibeber, memiliki panjang mencapai 83 senti meter. Ikan jenis Asagi ini meraih juara 1 tingkat nasional di Grand Champion Bandung Koi Show 2017. (AYI SOPIANDI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Ikan koi peranakan asli Jepang yang dibudidayakan di Desa Peuteuycondong Kecamatan Cibeber, kini mulai dilirik banyak orang. Ada dua jenis ikan koi yang saat ini menjadi trend dan sering mendapatkan juara ketika mengikuti lomba tingkat nasional.
Jenis ikan Koi Asagi dan Shusui saat ini banyak dicari dari berbagai daerah di Indonesia, seperti dari Pulau Sumatera, Kalimantan, serta Pulau Jawa dan Bali. Bahkan, ketika ikan indukannya baru saja bertelur sudah banyak dicari untuk turut dibudidayakan.
“Belum lahir saja, ikan jenis Asagi dan Shusui ini sudah banyak yang pesan. Dimana para pemesan telur koi jenis ini berasal dari berbagai wilayah di Indonesia,” kata pemilik ternak ikan koi asal Cibeber, Iden, kepada Cianjur Ekspres belum lama ini.
Asagi dan Shusui jenis ikan koi yang sangat berkualitas dan mempunyai banyak keunggulan. Untuk harga ikan koi yang dijual di tempat pembudidayaan ikan milik Iden tersebut cukup beragam dan sesuai usia ikan. Harga yang ditawarkan cukup bervariatif mulai dari harga Rp 250 ribu hingga Rp 2 juta per ekor.
“Ya gimana bagusnya ikan, dan dilihat juga dari umur serta kualitas jenis ikan tersebut,” katanya sambil menunjukan jenis indukan ikan Asagi dan Shusui di kolam miliknya.
Di usia 3 bulan tersebut, ikan jenis Asagi dan Shusui itu bisa mencapai 15 hingga 25 sentimeter. Dan memang tak sedikit mereka para pembeli tak kecewa dengan ikan yang dibeli dari hasil ternakan yang dibeli dari tempat budidayanya. Karena ketika mengikuti lomba, ikan-ikan dari Cibeber ini sering mendapatkan predikat juara.
“Kelebihannya itu ada di ring jenis ikan tersebut, karena selain rapih dan ketika ikan itu sudah besar maka akan terlihat seperti kapal selam,” tutur Iden.
Indukan Ikan Asagi yang dimiliki oleh Iden ini asli dari Jepang, dan saat ini di usia yang baru 5 tahun ikan memiliki ukuran panjang 81 sentimeter dan saat ini sudah mencapai 83 senti meter. Ikan tersebut masih terus tumbuh dan produksi telur hingga usianya menginjak ke 7 atau 8 tahun. Ikan jenis Asagi ini dipastikan selalu meraih predikat juara disetiap turnamen, seperti kejuaraan grand champion Bandung Koi Show 2017. Dan untuk di Jepang sendiri ikan nama lengkap Asagi ini adalah Otsuka Asagi. (mg2/yhi).

0 Komentar