oleh

Jembatan Lapuk Ancam Warga

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Warga Kampung Cageundang RT03/RW04, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur, mengeluhkan kondisi jembatan penghubung antar kampung yang nyaris ambruk. Padahal, jembatan yang dibangun sejak belasan tahun ini, merupakan akses jalan warga satu-satunya untuk melakukan berbagai aktifitas.

Agus Irwansyah, 40, tokoh pemuda Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur, mengatakan, kondisi jembatan penghubung antar kampung ini dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Selain itu, ukuran jembatan yang sempit cukup menyulitkan warga saat melakukan aktifitas. Kondisi ini sangat membahayakan keselamatan warga yang melintasi jembatan tersebut, dan meminta untuk segera dilakukan perbaikan.

“Ini merupakan aspirasi dan keinginan warga, bukan keinginan individu saja. Perbaikan jembatan ini sangat penting dan mendesak sekali, karena bisa membahayakan keselamatan warga,” kata Agus kepada wartawan belum lama ini.

Agus menambahkan, jembatan desa penghubung antar kampung ini sangat berarti bagi warga, dimana satu-satunya akses jalan penghubung ini belum pernah mendapatkan perbaikan maupun perawatan. Selain kondisi pondasi jembatan yang sudah keropos, ukuran jembatan yang cukup sempit dapat membahayakan warga pengguna jalan.

Sementara itu, Didin, 36, yang juga merupakan warga Desa Sukamaju, mengatakan, sudah cukup lama jembatan ini belum mendapatkan perbaikan, padahal sudah beberapa kali warga mengeluhkan kondisi ini ke pemerintah desa. Padahal, jembatan ini merupakan akses warga untuk melakukan aktifitas perekonomian.

“Sebenarnya warga merasa khawatir karena rawan kecelakaan bila malam hari dan diperparah kurangnya penerangan jalan. Bila kendaraan roda empat melintas jembatan ini kondisi jembatan seperti mau roboh. Warga sudah sering meminta Pemerintah Desa Sukamaju untuk melakukan perbaikan namun sampai saat ini belum juga dilakukan,” ujar Didin.

Diungkapkan Didin, selain jembatan yang sudah nyaris roboh, kondisi jalan desa juga dalam keadaan rusak. Jadi warga meminta pihak pemerintah desa segera melakukan perbaikan infrastruktur dengan menggunakan bantuan dana desa.

“Selama ini banyak kucuran bantuan dana dari pemerintah, jadi sudah sepantasnya Pemerintah Desa Sukamaju segera melakukan perbaikan jembatan maupun jalan, karena kondisi ini cukup mendesak,” pungkasnya (job3/yhi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *