Puluhan Calon Haji Cisel Ikuti Pembinanaan

Puluhan Calon Haji Cisel Ikuti Pembinanaan
IBADAH HAJI: Puluhan calon jamaan haji dari empat kecamatan, ikuti pelatihan dan pembinaan ibadah haji di di masjid Al-Falahuassaqir Kecamatan Campaka, Cianjur. (ZENAL MUSTARI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Sebanyak 69 orang jamaah calon haji dari empat kecamatan di Kabupaten Cianjur mengikuti pelatihan dan pembinaan dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur. Kegiatan yang dilaksanakan selama tujuh hari itu, bertempat di masjid Al-Falahuassaqir Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka.
Koordinator pelaksana kegiatan, Irwan Juandi, mengatakan, pembinaan bagi jamaah calon haji ini sangat penting dilakukan agar para calon haji ini dapat memahami tata cara berhaji dengan baik dan benar sesuai syariat islam.
“Pembinaan dan pelatihan ini sangat penting untuk diikuti, terutama tentang kesiapan dari segi fisik, mental, dan lainnya,” katanya kepada Cianjur Ekspres di Masjid DKM Al-Falahulassaqir, Senin (02/7).
Dikatakan Irwan, untuk total jamaah calon haji yang mengikuti pembinaan ini ada sekitar 69 orang. Jumlah sebanyak ini berasal dari empat kecamatan yakni Kecamatan Campaka, Kecamatan Campakamulya, Kecamatan Sukanagara, dan Kecamatan Pagelaran
“Yang jelas supaya para jamaah ini dapat memahami benar tata cara menunaikan ibadah haji. Maka, pembinaan yang akan dilaksanakan selama tujuh kedepan ini akan dipandu dan disampaikan oleh empat orang narasumber,” ujarnya.
Disisi lain kata Irwan, pemerintah juga berkewajiban penuh untuk memfasilitasi dan mengawasi agar para jamaah calon haji dapat menjalankan ibadah haji dengan aman, nyaman, dan lancar. Salah satunya dengan melayani seluruh kebutuhan para jamaah.
“Saya harap pemerintah nanti dapat melayani jamaah dengan optimal dari masa persiapan hingga dilaksanakan ibadah haji dan pulang kembali ke tanah air,” ungkapnya menambahkan.
Hal sama dikatakan Zaenal Mahpudin, salah seorang narasumber pembinaan dan pelatihan haji. Dikatakannya, sesuai surat edaran dari Dirjen penyelengaran haji dan umroh No B-5.007/DJ/DT.ll.I.1/HJ.01/04/2018 tentang pelaksanaan bimbingan manasik haji maka, dimulai sejak Senin 02-07/7/2018 pelaksanaan untuk bimbingan bagi para jamaah calon haji ini harus dilaksanakan.
“Ya sedikitnya ada 20 jenis materi yang disampaikan dan harus benar dipahami oleh semua jamaah calon haji ini. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya, mulai dari kesiapan, niat melaksanakn haji, tata cara melaksanakan ihram, cara berpaikan dan shalat sunat ihram, mengenal tempat ziarah di Makah dan Madinah, cara memakai kain ihram dan niatnya, wukuf, tawaf, ihfadah, sa’i, dan tahalul,” ungkapnya menjelaskan. (mg1/yhi)

0 Komentar