oleh

Tingkat Partisipasi Pemilih Meningkat

 

CIANJUR, cianjurekspres.net Tingkat partisipasi pemilih di Cianjur dalam Pilgub Jawa Barat 2018 mengalami peningkatan dibanding penyelenggaraan sebelumnya. Bahkan kenaikannya tercatat hingga 7 persen dibandingkan Pilgub 2013.

Komisioner Bidang SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Cianjur, Hilman Wahyudi, mengatakan, dari total 1.653.805 orang dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) hampir 65 persennya aktif berpartisipasi.

“Berdasarkan data entry, terhitung 64,70 persen warga Cianjur ikut memilih. Angka yang terbilang tinggi, karena tingkat kesadaran juga memang semakin membaik,” ujar Hilman kepada wartawan, Minggu (1/7).

Menurut dia, rata-rata di setiap TPS partisipasi sudah berada di atas 50 persen. Bahkan, berdasarkan pemantauan KPU, tingkat partisipasi di selatan Cianjur mencapai 81-89 persen. Diantaranya di Kecamatan Tanggeung yang partisipasinya mencapai 80 persen lebih.

“Walaupun, ada juga wilayah yang terkendala geografis sehingga pemilih tidak berpartisipasi. Selain itu, faktor kembalinya pemilih untuk bekerja di luar kota juga menjadi kendala tidak berpartisipasinya mereka di Pilgub Jabar kemarin,” ucap dia.

Hilman menambahkan, KPU Cianjur akan merumuskan evaluasi penyelenggaraan Pilgub Jabar 2018. Soalnya, terdapat beberapa masalah saat proses berlangsung kemarin. Terutama kendala yang terjadi pada hari pencoblosan. Terjadi keterlambatan logistik yang membuat proses pemilihan sempat terhambat.

“Mungkin karena Cianjur tidak punya hajat (pemilihan kepala daerah) lain, jadi keterlambatan terjadi di tingkat provinsi. Logistiknya terlambat, jadi penyebab kebimbangan dan proses tertunda,” ujar Hilman.

Akan tetapi, ungkap dia, secara keseluruhan proses pemilihan Gubernur Jawa Barat berlangsung lancar. Pihak KPU Cianjur pun kini sedang bersiap untuk melangsungkan pleno rekapitulasi perolehan suara pada 4 Juli mendatang.

Hingga saat ini seluruh kotak suara Pilgub Jabar dari setiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah seluruhnya masuk dan tersimpan di gudang KPU Cianjur. Kotak surat suara yang tersimpan di gudang KPU Cianjur terbagi menjadi dua yakni 3921 kotak surat suara dan tiga kotak berisi bahan pleno. (bay/yhi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.