Panwaskab Tidak Temukan Pelanggaran Pidana Pemilu

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Selama pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jabar 2018, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Cianjur hingga saat ini tidak menemukan adanya pelanggaran pidana Pemilu. Ketatnya sistem pengawasan mulai dari tingkat TPS, menjadi bukti nyata optimalnya kinerja pengawasan.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Cianjur, Hadi Dzikri Nur, mengatakan, memasuki masa tenang serta selama pelaksanaan Pilgub Jabar 2018 yang digelar Rabu (27/6) lalu, tidak ada satu pun laporan maupun temuan adanya kasus pidana Pemilu.

“Tak ada kasus pelanggaran pidana Pemilu saat pelaksanaan pencoblosan Pilgub Jabar kali ini, semua berjalan lancar dan kondusif seperti apa yang diharapkan,” kata Hadi Dzikri Nur kepada Cianjur Ekspres, Jumat (29/6).

Dikatakan Hadi, berdasarkan pengawasan di lapangan menurutnya sudah ditangani dengan baik. Seperti contoh kasus di TPS Lapas pada saat akan melakukan pencoblosan dimana hingga pukul 11.00 wib sempat kekurangan kertas suara, yang memang pada akhirnya bisa tertangani dengan meminjam terlebih dahulu ke beberapa TPS terdekat yang mempunyai surat suara lebih.

Adapun dari hasil evalusi pengawasan tahap pungut hitung di lapangan, pihaknya hanya sekedar merekap saja dan langsung dilaporkan ke pihak Bawaslu Jawa Barat dan nantinya akan menjadi bahan pertimbangan dalam menyikapi tahapan pungut hitung tersebut. “Kita memang merekap, akan tetapi tidak bisa di publikasikan karena ini hanya pembanding saja,” katanya.

Hadi mengatakan, untuk tahapan proses hajatan di Pileg dan Pilpres nanti di 2019 pihaknya akan terus melakukan perbaikan sistem pengawasan agar kedepannya bisa lebih baik lagi. Karena banyak kemungkinan banyak potensi pelanggaran seperti belum punya hak tapi sudah dikasih DPT bahkan ada yang berhak akan tetapi tidak memiliki DPT.

Sementara itu, Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah, mengatakan, secara umum pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di wilayah hukum Polres Cianjur berjalan aman dan lancar. Untuk mengantisipasi adanya indikasi gangguan terhadap jalannya pleno rekapitulasi di tingkat PPK, Polres Cianjur menempatkan personel pengamanan sampai proses rekapitulasi berakhir.

“Hari ini serentak dilaksanakan rapat pleno rekapituasi perolehan suara di tingkat PPK. Kami dukung pelaksanaannya dengan masih menempatkan personel pengamanan sampai pleno selesai,” pungkasnya. (mg2/bay/yhi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.