Keterlambatan Distribusi Form C Dipertanyakan

Keterlambatan Distribusi Form C Dipertanyakan
PILGUB JABAR: PPK Cipanas bersama Panwaslu gelar rakor persiapan pelaksanaan pemungutan suara dan penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghitungan suara. (AYI SOPIANDI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Keterlambatan pendistribusian formulir C dari KPU Kabupaten Cianjur ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), mulai dipertanyakan sejumlah pihak. Beberapa tim pemenenangan pasangan calon gubernur menilai, keterlambatan ini bisa menimbulkan terjadinya kecurangan.
Jelang pelaksanaan Pilgub Jabar 2018 yang akan digelar Rabu (27/6) besok, pendistribusian untuk formulir C di Kecamatan Cipanas masih mengalami kendala karena sebelumnya ada keterlambatan pasokan dari KPU kabupaten ke tingkat PPK.
Kordinator tim pemenangan salah satu kandidat calon gubernur, Isti Rochmandayati, mempertanyakan perihal adanya keterlambatan pendistribusian form C dari KPU ke PPK dan PPS desa. Menurutnya hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya kecurangan.
“Saya khawatir akan terjadinya kecurangan-kecurangan, karena saya pikir ini kejadiannya hampir sering terjadi di setiap Pilkada, dan kenapa tidak adanya perbaikan sistem kinerja dari pihak KPU,” kata Isti.
Senada dikatakan Iyus Rusamsi, salah satu tim pemenangan kandidat cagub lainnya. Iyus mengatakan, dengan keterlambatan pendistribusian form C1 KWK penghitungan suara dan C5 KWK penyalinan penghitungan suara dari KPU ke PPK dan PPS di 7 Desa se-Kecamatan Cipanas, dinilai akan memberikan hambatan bagi pelaksanaan Pilgub Jabar ini.
“Yang jadi pertanyaan, kenapa untuk pendistribusian form C selalu terlambat, sebenarnya ini ada apa. Sementara barusan saya dengar informasi bahwa pendistribusian form C ini baru tiba pukul 10.45 siang tadi, saya sangsi apa bisa selesai sesuai dengan jadwal,” kata Iyus kepada Cianjur Ekspres.
Dia berharap sekali, untuk pendistribusian form C agar bisa tepat pada waktunya ketiap PPS desa. “Saya harap pendistribusian ini bisa selesai tepat waktu, dan saya percaya PPK Cipanas bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” katanya.
Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Cipanas Dodi Rahmat menjelaskan, pada dasarnya pendistribusian formulir C dari KPU ke PPK tidak ada masalah namun hanya ada keterlambatan yang tadinya pagi sudah tiba di kecamatan namun ternyata siang sekitar pukul 10.45 wib pendistribusian form C baru sampai.
Dia mengatakan, kalau pendistribusian terlalu siang dikhawatirkan akan terjadi hujan. Karena cuacanya saat ini sulit untuk di prediksi, pihaknya mendapat kabar dari PPK divisi logistik, kalau logistik berangkat dari pusatnya sekitar pukul 5.00 wib pagi, dan ternyata pukul 10.45 logistik baru tiba di PPK Cipanas. “Target kami sebelum magrib pendistribusian sudah harus selesai, karena mengingat cuca yang cukup ekstrim,” ujarnya.

0 Komentar