Desa Sukamanah Usung Tiga Program Pembangunan

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Mewujudkan kemajuan pembangunan desa merupakan sebuah visi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sukamanah, Kecamatan Karangtengah, dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dimana pengembangan sistem pertanian, perikanan, serta memajukan dunia pendidikan menjadi pilar utama untuk mendukung kemajuan tersebut.

Kepala Desa Sukamanah, Dadan Hendrawan, mengatakan, dalam implementasi program tidak cukup hanya menyediakan basis dukungan finansial terhadap rakyat miskin, tapi juga mendorong usaha ekonomi desa dalam arti luas, dimana tiga program yang saat ini menjadi strategi memajukan desa, diharapkan mampu menjadi faktor pendorong dalam segi membangun desa ke arah yang lebih baik.

“Penciptaan kegiatan-kegiatan yang membuka akses produksi, distribusi, dan pasar bagi rakyat desa dalam pengelolaan kolektif dan individu mesti berkembang dan berlanjut, dengan didukung juga dari kualitas SDM. Makanya kualitas pendidikan juga perlu diperbaiki,” kata Dadan kepada Cianjur Ekspres, Minggu (24/6).

Menurut Dadan, diperlukan pembangunan pedesaan yang berdiri di atas paradigma untuk mengurangi kesenjangan dan ketertinggalan, yang tujuan utamanya adalah untuk kesejahteraan berupa peningkatan pendapatan secara rumah tangga maupun perkapita. Ini penting dalam rangka meningkatkan kualitas masyarakat desa terutama peningkatan kualitas sistem pertanian.

“Pertanian merupakan suatu proses untuk menghasilkan bahan pangan, ternak, serta produk-produk agroindustri dengan cara memanfaatkan sumber daya alam yang ada yaitu sumber daya tumbuhan dan sumber daya hewan, sehingga nantinya sektor pertanian dapat menghasilkan produk yang berkualitas yang mempunyai nilai ekonomis,” ucapnya.

Dalam program pembangunan ini, Pemdes Sukamanah membagi wilayah yang sesuai dengan aktifitas masyarakat di wilayah mereka masing-masing. Seperti wilayah satu yang mayoritas petani akan difokuskan pada pengembangan sistem pertanian, untuk wilayah dua pada pengembangan SDM karena banyaknya PNS serta guru, dan untuk wilayah tiga akan difokuskan pada pengembangan sistem perikanan.

“Desa Sukamanah ini kan mempunyai strategi pembangunan desa, yaitu tiga pilar yang diantaranya kawasan pertanian, pendidikan, dan juga perikanan, yang mana tiga pilar tersebut akan disesuaikan dengan wilayah dan aktifitas dari masyrakat,” katanya.

Dengan adanya strategi tiga pilar tersebut, diharapkan mampu menjadikan Desa Sukamanah lebih maju dalam hal pembangunan perekonimian masyarakat. “Mudah-mudahan dengan keberadaan saya sebagai kepala desa, bisa memajukan wilayah desa yang saya pimpin ini, dan hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat kami sendiri, mudah-mudahan desa kami bisa menyumbangkan yang lebih baik lagi untuk Cianjur,” pungkasnya. (job3/yhi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.