Gedung Baru, Puskesmas Optimalkan Pelayanan

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, Puskesmas Kecamatan Campakamulya. Kabupaten Cianjur, segera membenahi gedung baru untuk segera difungsikan. Bangunan yang sudah mencapai 80 persen ini, rencananya ditempati pada akhir tahun.

Kepala Puskesmas Campakamulya, Wahyu Rahayu melalui staf bagian tata usaha, Sesep, mengatakan, saat ini pembangunan sudah masuk tahap akhir dan diperkirakan akan selesai sekitar dua bulan kedepan. Sementara untuk penggunaan gedung secara optimal akan dimulai pada akhir 2018 ini.

“Tahun sekarang, Pemerintah Kabupaten Cianjur mengalokasikan anggaran pembangunan sebesar Rp 1,4 miliar dari APBD untuk pembanguan puskesmas dan fasilitas lainnya,” kata Sesep kepada Cianjur Ekspres belum lama ini.

Luas lahan puskesmas yang ada sekitar 4000 meter persegi. Namun yang baru digunakan hanya seluas 2000 meter persegi. Sesuai kontrak pembangunan gedung untuk lantai satu ini pada Juli mendatang harus sudah selesai.

“Adapun lahan yang digunakan untuk bangunannya sendiri seluas 11 meter × 21 meter, sementara untuk sisa lahan lainnya digunakan sebagai tempat parkir kendaraan warga maupun kendaraan puskesmas, serta kebutuhan lainnya” ucap Sesep.

Sebelumnya, Camat Campakamulya, Iyus Yusuf, mengatakan, bahwa pembangunan gedung puskesmas baru itu dibangun dua lantai. Karena bangunan puskesmas yang digunakan sebelumnya tidak mempunyai lahan yang luas, jadi tidak mungkin bila bangunan lama diperbesar dan dibenahi.

“Ya kalau pembangunan puskesmas yang direncanakan akan dibangun dua lantai ini sebagai tindak lanjut atas usulan, karena gedung yang ada saat ini lahanya sempit. Semoga dengan gedung baru ini pelayanan kesehatan bagi masyarakat menjadi lebih baik,” kata Iyus.

Ditemui terpisah, pelaksana tugas lapangan pembangunan gedung puskesmas, Adang Yahya, 40, mengatakan, mesti sempat terhambat akibat faktor cuaca dan pengadaan barang material, namun untuk pelaksanaan pembangunan ini (puskesmas, red) dapat tuntas sesuai target atau kontrak kerja.

“Yang pasti saya berharap kalau untuk pembangunan gedung puskesmas ini tidak ada kendala lain, sehingga bangunan lantai satu tuntas sebelum akhir bulan ini. Hanya beberapa bagian saja yang belum terpasang,” ungkapnya. (mg1/yhi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.