oleh

Pantai Jayanti Indah nan Bersampah

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Destinasi wisata Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun dipadati wisatawan selama libur panjang Idul Fitri. Sayangnya, para wisatawan mengeluhkan kebersihan pantai, karena banyak sampah berserakan. Hal itu diperparah dengan kurannya fasilitas dan papan informasi keberadaan tempat sampah.

“Pantainya memang indah, ditambah sekarang sudah ada pemecah ombak, sehingga bisa lebih nyaman berwisata. Tapi masalah sampahnya kalau bisa diselesaikan, soalnya jadi mengurangi keindahan pantai,” ujar Elisna, 25, salah seorang pengunjung asal Bandung, Selasa (19/6).

Dia menambahkan, pengunjung juga kesulitan menjadi tempat sampah, mengingat tidak ada papan informasi, dimana saja letak fasilitas tersebut disediakan oleh pengelola. “Perbanyak tempat sampah dan pasang papan informasinya, supaya kami juga sebagai pengunjung tahu. Jadi enggak buang sampah sembarangan,” tuturnya.

Meski begitu, dia mengungkapkan jika salah satu pantai di selatan Cianjur tersebut memiliki daya tarik dan keindahan tersendiri. Bahkan dia rela untuk jauh-jauh datang dari Bandung ke Cianjur, untuk melihat dan mendatangi langsung pantai tersebut.

“Awalnya memang lihat dari internet, kalau pantai lainnya kan sudah biasa, makanya ingin ke Cianjur. Pantainya indah, ombak dan suasanya juga ngangenin,” tuturnya.

Senada, Ibrahim, 35, wisatawan asal kota bogor mengaku datang bersama keluarga. Dia penasaran ingin mengunjungi pantai jayanti Cidaun yang ombaknya sangat indah. “Benar sekali ternyata susananya cocok sekali kalau untuk wisata bareng keluarga ditambah lagi dengan harga tiket masuk yang cukup pas bagi masyarakat kecil mah, hanya dengan kocek Rp 5 ribu bisa masuk ke wisata Pantai Jayanti,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala UPTD PPI Pantai Jayanti, Eli muslihat, menuturkan, untuk momentum libur panjang Idul Fitri pengunjung lebih membeludak dari mulai sehari setelah Lebaran. Wisatawan yang datang tidak hanya dari Cianjur, melainkan dari Bandung, Sukabumi, Bogor, hingga DKI Jakarta.

Namun, dia mengiyakan jika sampah masih jadi permasalahan yang mesti dilakukan penanganan. Dia menuturkan, akan segera menambah fasilitas yang ada dan membentuk tim khusus untuk menjaga kebersihan pantai.

“Kami akan prioritaskan urusan sampah, akan ada tim khusus yang diterjunkan untuk membersihkan area pantai. Fasilitas tempat sampah dan papan informasi juga ditambah. Tapi kami harap para pengujung juga sadar untuk turut menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, supaya pantai ini tetap indah,” pungkasnya. (bay/mg2/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *