Kawasan Cipanas Dipenuhi Sampah

Kawasan Cipanas Dipenuhi Sampah
TUMPUKAN SAMPAH: Petugas kebersihan unit K3 rumah singgah sampah Cipanas, mengangkut tumpukan sampah yang berada dipinggir jalan protokol. (AYI SOPIANDI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Volume sampah di Kecamatan Cipanas dan Pacet pasca Idul Fitri meningkat hingga 200 persen dibandingkan sebelumnya. Pada hari biasanya, truk pengangkut sampah hanya beroperasi tiga armada, namun saat ini enam armada truk pengangkut sampah beroperasi setiap hari.
Koordinator K3 Rumah Singgah Sampah Cipanas, Dede Ikhsan, mengatakan, fenomena penumpukan hingga penambahan volume sampah di kawasan Cipanas-Pacet mencapai 200 persen dikarenakan Cipanas dan Pacet merupakan jalur destinasi wisata. Apalagi di hari Idul Fitri seperti ini yang ditambah dengan libur panjang.
“Di hari ketiga pasca lebaran ini dari pagi hingga pukul 10.00 wib sudah 3 truk sampah yang melakukan pengangkutan sampah untuk jalur protokol,” kata Dede Ikhsan, kepada Cianjur Ekspres, Senin (18/6).
Dia mengatakan, kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah, menjadi faktor meningkatnya tumpukan sampah. Mengantisipasi hal tersebut pihak K3 bersama dinas lingkungan hidup, terus berupaya menangani terjadinya penumpukan sampah di sepanjang jalur protokol Cipanas-Pacet dengan menambah jumlah petugas kebersihan.
“Bersama tim rumah singgah sampah Cipanas kami tetap akan selalu berusaha untuk meminimalisir sampah-sampah di sepanjang jalur protokol Cipanas-Pacet, dengan menempatkan petugas kebersihan,” katanya.
Dia mengatakan, penumpukan sampah masih akan terjadi hingga beberapa hari kedepan. Karena selain menghadapi libur panjang, juga dipastikan akan banyak wisatawan yang akan mengunjungi beberapa tempat wisata di Cipanas, seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga, dan tempat-tempat wisata lainnya.
“Meskipun suasananya masih lebaran, akan tetapi kami dari tim K3 rumah singgah sampah Cipanas tetap harus menjalankan tugas. Dan penumpukan sampah ini akan terus terjadi karena libur panjang,” katanya.
Dede berharap, penumpukan sampah tersebut bisa tertangani hingga H+7 Idul Fitri nanti. Karena hampir disetiap tahun jalur kawasan Cipanas akan mengalami lonjakan saat terjadi arus balik lebaran. (mg2/yhi)

0 Komentar