Jalur Puncak Padat Merayap

Jalur Puncak Padat Merayap
MACET: Arus lalu lintas laur Cipanas-Puncak H+2 Lebaran terlihat padat. (AYI SOPIANDI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – H+2 Lebaran, Jalur Cipanas-Puncak mulai dipadati kendaraan. Utamanya di beberapa titik persimpangan menuju ke sejumlah objek wisata yang didominasi kendaraan berplat nomor luar daerah.
Diantara titik persimpangan yang terpantau padat kendaraan berada di Hanjawar, persimpangan menuju ke kawasan Kebun Raya Cibodas (KRC), di persimpangan Pegadaian Pacet, serta di jalur Pasar Cipanas yang merupakan pusat aktivitas warga Cipanas dan sekitarnya. Sejumlah anggota kepolisian terlihat lebih intensif mengatur arus kendaraan agar tak terjadi penumpukan.
“Hari ini mulai terlihat kepadatan kendaraan di Cipanas dibanding hari H Lebaran dan H+1. Terutama di persimpangan-persimpangan menuju ke tempat wisata,” kata Dedi, warga Cipanas.
Kebanyakan kendaraan yang melintasi wilayah Cipanas berasal dari arah Cianjur. Termasuk sejumlah bus pariwisata terlihat berada di antara kendaraan pribadi lainnya. “Kebanyakan kendaraan pribadi yang melintas di jalur Cipanas. Biasa sih kalau di Cipanas, setiap liburan, apalagi Lebaran pasti banyak yang berlibur di sini,” terang Dedi.
Kapolres Cianjur AKBP Soliyah mengaku Polres Cianjur mulai mengantisipasi terjadinya kepadatan volume kendaraan saat arus balik Idul Fitri. Terutama masyarakat yang memanfaatkan liburan ke sejumlah tempat wisata di kawasan Cipanas dan sekitarnya.
“Kemungkinan arus balik yang akan ramai. Terutama ke tempat-tempat wisata. Tapi kami sudah membuat posyan-posyan (pos pelayanan) di sejumlah tempat wisata. Insya Allah semua ter-cover sehingga masyarakat pun akan merasa nyaman,” kata Soliyah.
Soliyah menyebutkan kawasan Puncak maupun Cipanas dan sekitarnya dinilai masih menjadi tempat favorit wisatawan berlibur. Bukan hal aneh kalau di jalur itu kerap terjadi kemacetan kendaraan. “Kemacetan di Puncak dan sekitarnya tak hanya saat Lebaran saja, tapi setiap week end juga pasti terjadi,” katanya.
Selain mewaspadai wilayah rawan kemacetan kendaraan, Soliyah menyebut di wilayah hukum Polres Cianjur juga terdapat sejumlah titik rawan kecelakaan lalu lintas. Namun sejauh ini tingkat kecelakaan lalu lintas relatif tidak menonjol.
“Sebelum Lebaran terjadi satu kejadian kecelakaan di sekitar Ciloto, Cipanas. Wilayah rawan lakalantas selain di jalur Cipanas juga berada di sekitar Gekbrong dan jalur Ciranjang,” tandasnya. (mg2/red)

0 Komentar