Daftar Pemilih Bertambah 25 Ribu Orang

Daftar Pemilih Bertambah 25 Ribu Orang
PLENO: KPU Kabupaten Cianjur bersama perwakilan dair masing-masing partai politik dan Panwaslu Kabupaten Cianjur menggelar rapat pleno DPS Pileg dan Pilpres 2019. (IKBAL SELAMET/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Daftar pemilih sementara (DPS) di Kabupaten Cianjur untuk pemilihan legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 bertambah 25 ribu orang, dibandingkan data untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018.
Hal itu terungkap usai rapat pleno DPS untuk Pemilu 2019 di Kantor KPU Kabupaten Cianjur bersama perwakilan dair masing-masing partai politik dan Panwaslu Cianjur, kemarin (17/6).
Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Cianjur, Kusnadi, mengatakan, DPS untuk pemilu 2019 berjumlah 1.679.135 pemilih. Dibandingkan dengan DPT pada Pilgub Jawa Barat 2018, angka DPS bertambah 25.330 pemilih. “Jadi untuk DPS itu komposisinya DPT Pilgub Jabar, ditambah dengan data pemilih pemula yang didapat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” ujar dia usai rapat pleno, kemarin.
Menurutnya, tambahan pemilih tersebut merupakan perkiraan penambahan pemlih pemula, yakni penduduk yang memasuki usia 17 atau 18 tahun. Mereka nantinya akan jadi target untuk meningkatkan partisipasi pemilih. “Iya, semuanya pemilih pemula. Tapi nanti dipastikan lagi jumlahnya menjelang pemilihan untuk ditetapkan menjadi DPT,” tuturnya.
Dia menambahkan, dalam penetapan DPS berjalan dengan lancar tanpa ada kendala. Setiap tanggapan dari peseta pun diselesaikan. “Tidak ada masalah lagi, kami harap semuanya juga bekerjasama agar pelaksanaannya nanti berjalan lancar,” kata dia.(bay/red)

0 Komentar