PMI Bentuk Relawan Terlatih

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Palang Merah Indonesia (PMI), Kabupaten Cianjur, menyiagakan para anggota relawan terlatih yang didukung kendaraan armada ambulans di jalur mudik lebaran tahun ini. Hal itu dilakukan untuk membantu tim dan petugas dalam mengamankan arus mudik dan balik.

“Pada lebaran tahun ini, PMI akan menempatkan masing-masing relawan terlatih di setiap posko siaga lebaran, guna mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan selama arus mudik dan balik lebaran tahun ini,” ungkap Kepala Markas PMI Cianjur, Hery Hidayat kepada wartawan, kemarin (11/6).

Menurutnya, selain mengerahkan sejumlah personil dan relawan PMI terlatih, Pihaknya juga menyiagakan sejumlah armada taktis baik kendaraan ambulans gawat darurat, maupun kendaraan operasional rescue.

“Para relawan PMI ini nantinya akan disebar dibeberapa posko lebaran yang bergabung dengan instansi dan lembaga lainnya di posko siaga. Seperti kepolisian, TNI, dinas kesehatan, dinas perhubungan, BPBD dan lainnya,” ujar dia.

Menurutnya, kemampuan TIM yang bertugas nantinya bermacam macam, terdiri dari paramedis dari Klinik PMI Cianjur, serta relawan PMI yang sudah terlatih dan mempunyai kualifikasi dalam melakukan pertolongan pertama dan ambulans.

Sementara itu, menurut Komandan Korps Sukarelawan (KSR) PMI Cianjur, Fajar Achyana, menambahkan, dalam pelaksanaan operasi siaga lebaran ini, dirinya mengerahkan sejumlah para relawan terlatih yang dimobilisasi dan dukungan dari unit kesatuan diantaranya KSR PMI Cianjur Unit Markas, KSR Unit Perguruan Tinggi Universitas Suryakancana, dan relawan dari FORPIS PMR.

“Sebelum diterjunkan ke lapangan, seluruh tim relawan PMI Cianjur mendapatkan pembekalan dan pemantapan kembali tentang materi dan praktek kegawatdaruratan kecelakaan dari para fasilitator tertalih,” Ungkap Fajar.

Di samping itu, selain mereka akan ditempatkan dibeberapa pos, PMI juga melakukan pelayanan pertolongan pertama bergerak (mobile), dengan menggunakan sepeda motor. “Harapanya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan tradisi mudik lebaran tahun ini,” pungkasnya. (bay/yhi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *