Panwascam Campaka Optimalkan Fungsi PPL

Panwascam Campaka Optimalkan Fungsi PPL
PENDAPTARAN PTPS: Panwaslu Kecamatan (Panwascam), membuka pendaftaran bagi calon pengawas TPS. (DOK)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Mengoptimalkan fungsi serta tugas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) dalam mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilihan di tingkat desa, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Campaka, terus menggenjot kinerja PPL dengan berbagai kegiatan secara teknis.
Panwascam Campaka, dalam pekan ini akan menggelar rapat kerja tekhnis (Rakernis) dengan para petugas PPL untuk membahas kinerja pengawas dalam perhelatan Pemilihan
Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat.
Rakernis yang berlangsung selama satu hari ini, akan dikuti oleh sebelas orang PPL dari 11 Desa se-Kecamatan Campaka. Ketua Panwascam Campaka, Asep Puja Ruswita,
mengatakan, kalau bicara tupoksi panwascam itu sudah jelas yaitu untuk mencegah, mengawasi, serta menindak atau biasa disebut M3.
“Yang jelas kalau tugas pokok pengawas pemilu itu sebagai pencegah, pengawas dan melakukan penindakan bila terjadi kecurangan,” Jelas Asep Puja, kepada Cianjur Ekspres saat dihubungi, kemarin (12/6).
Dikatakannya, mengingat itu sudah menjadi tugas pokok dari pada pengawas pemilu, dan supaya bisa juga dilaksanakan oleh PPL, maka dalam kesempatan Rakernis pada hari Rabu (13/6) (besok – red) materi tentang pencegahan, serta pengawasan dan penindakan itu akan disampaikan kepada semua PPL.
“Yang pasti tidak kalah penting juga untuk terus menjalin kerja sama dan silaturahmi dengan semua pemangku kepentingan, baik di tingkat kecamatan maupun ditingkat desa atau ditempat kerjanya masing masing termasuk dengan tim pasangan calon,” ujarnya.
Selain itu, pada kesempatan tersebut para PPL juga diminta untuk bisa meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilgub Jabar. Termasuk dengan mengajak masyarakat agar menyalurkan hak pilihnya pada waktu pemilihan nanti.
“Ya supaya partisipasi pemilih pada pemilihan nanti tinggi, maka saya minta PPL bisa ajak masyarakat untuk dapat menggunakan hak pilihnya. Sementara untuk pelaksanan Rakernis ini bertujuan agar PPL bisa lebih terintegritas dan lebih profesional dalam menjalankan tugasnya,” tutupnya. (mg1/yhi)

0 Komentar