Siapkan Tim Kesehatan Mudik

 

CIANJUR, cianjurekspres.net – Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, menginstruksikan seluruh puskesmas untuk membuka layanan secara optimal, saat momentum arus mudik dan balik Idul Fitri tahun ini. Bahkan layanan kesehatan yang berada di jalur utama, didorong untuk buka selama 24 jam.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar, mengatakan, instruksi agar layanan kesehatan buka secara optimal sudah dikeluarkan sejak beberapa hari lalu. Hal itu dilakukan untuk mendukung tim gabungan dari segi kesehatan.

“Banyak kemungkinan pemudik kelelahan atau sakit, ketika tidak bisa ditangani oleh petugas di posko, tentunya puskesmas ini yang jadi salah satu rujukan pertama,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, kemarin (6/6).

Menurutnya, dari 45 puskesmas yang ada, terutama yang di wilayah perkotaan dan jalur utama pemudik, harus buka selama 24 jam. “Khusus yang dipelosok, buka seperti biasa saja, sesuai jam operasionalnya.Tapi yang di perlintasan, seperti Cipanas, Gekbrong, da Ciranjang, itu ditekankan buka terus untuk mengantisipasi adanya pemudik sakit, korban kecelakaan yang perlu mendapatkan pertolonga medis, atau lainnya,” kata dia.

Tresna mengaku, pihaknya juga telah melakukan kunjungan ke sejumlah puskesmas di wilayah timur dan utara, untuk memastikan kesiapan puskesmas. Di samping dia bersilaturahmi dengan tim kesehatan di setiap puskesmas.

Rencananya, selain memastikan kesiapan tim kesehatan saat memasuki arus mudik dan balik, pemeriksaan oleh setiap kepala bidang di lingkungan Dinkes akan dilakukan.”Jadi di awal kami periksa kesiapannya, saat pelaksanaan pun dilakukan lagi kunjungan untuk memastikan pelayanan optimal. Baru setelahnya ada evaluasi. tapi untuk hasil pemeriksaan awal, sudah siap tidak ada kendala,” katanya.

Tresna menambahkan, selain optimalisasi puskesmas, Dinkes juga menerjunkan petugas kesehatan yang ditempatkan di setiap posko mudik. “Jadi di setiap tingkatan kami sudah siapkan petugas kesehatan.Tentunya Dinkes akan selalu siap untuk menghadapi arus mudik dan balik,”pungkasnya. (bay/yhi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *