Hotel Surya Indah Tak Menggaji Karyawannya 3 Bulan

Hotel Surya Indah Tak Menggaji Karyawannya 3 Bulan
UNJUK RASA: Puluhan karyawan Hotel Surya Indah menggelar aksi protes karena tidak digaji selama 3 bulan. (AYI SOPIANDI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

CIANJUR, cianjurekspres.net – Puluhan karyawan Hotel Surya Indah melakukan aksi protes, Jumat (1/6) lalu. Pasalnya sudah 3 bulan lamanya para karyawan tersebut belum mendapatkan insentif Maret-Mei 2018.
Dalam aksi protes tersebut turut dihadiri oleh managemen hotel, anggota Polsek Pacet, Ketua DPC Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Reformasi Kabupaten Bogor beserta puluhan karyawan Hotel Surya Indah, bertempat di Hotel Surya Indah.
Ketua pengurus unit kerja (PUK) Hotel Surya Indah, Ruhiyat Sutisna mengatakan, ia bersama ke 47 karyawan lainnya sudah 3 bulan gajinya belum dibayarkan oleh pihak hotel.
“Awalnya jumlah karyawan di Hotel Surya Indah ini sebanyak 184 orang. Seiring berjalannya waktu kini tinggal 48 orang karyawan yang tersisa,” ucap Ruhiyat kepada Cianjur Ekspres, belum lama ini.
Dia mengatakan, sejak Maret-Mei 2018 lalu managemen hotel hingga saat ini belum membayarkan sisa gaji selama 3 bulan. Mulai dari insentif, uang servis, dan uang makan sama sekali tidak ada. Dengan begitu, pihaknya mencoba untuk menyampaikan aspirasinya melalui DPC Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Reformasi Kabupaten Bogor.
“Karena dinilai tak ada niat baik dari pihak hotel, maka kami pun melakukan audensi bersama Federasi Serikat Pekerja Pariwisata Reformasi Kabupaten Bogor dan menuntut hak-hak kami ke pemilik hotel yakni Tuti Suryani Budiman,” katanya.
Menurutnya, gaji yang yang seharusnya diterima sesuai dengan upah minimum karyawan 2018 Rp 2.163.300. Namun kenyataannya hingga Februari 2017 gaji yang diterima karyawan masih Rp 1.989.115 masih banyak yang belum dibayarkan.
“Sudah tiga bulan gaji kami tak dibayar, baik uang servis, uang makan 2017 dan kekurangan gajih 2015-2016 pun belum juga dibayarkan,” katanya.
General Manager Hotel Surya Indah, M Ibnu Dwinanto, mengatakan bahwa sebelum ada aksi mogok kerja yang dilakukan oleh puluhan karyawan. Pihaknya mengaku jika selama 3 bulan terakhir juga termasuk dirinya belum menerima gaji dari pihak owner Hotel Surya Indah di Jakarta.
“Terus terang saya disini sudah tidak lagi berkomunikasi dengan owner pak, terakhir saya komunikasi melalui whatsapp itu awal bulan Mei, itupun hanya di read saja. Bahkan yang paling parah sekarang saya hubungi tidak dibaca sama sekali sama ownwer,” katanya.

0 Komentar