Daging Ayam Berangsur Turun

Daging Ayam Berangsur Turun
KEMBALI TURUN: Memasuki minggu ke-2 Ramadan, harga daging ayam di sejumlah pasar di Kabupaten Cianjur sudah mengalami penurunan harga. (DOK/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Harga daging ayam potong di Pasar Induk Pasirhayam (PIP) Cianjur, Jawa Barat, memasuki hari kesepuluh Ramadan mulai berangsur turun. Harga daging ayam yang sebelumnya mencapai Rp 42 ribu per kg, saat ini mengalami penurunan menjadi Rp 36 ribu per kg.
“Iya, sekarang harganya mulai turun, dikisaran Rp 35 ribu hingga Rp 36 ribu per kg nya. Penurunan ini mendapat respon positif dari masyarakat,” kata Kepala UPTD Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, Asep Kusmiadi, kemarin (25/5).
Asep mengatakan, penyebab turunnya harga daging ayam potong tersebut kemungkinan dipicu turunnya daya beli konsumen, sehingga para pedagang terbilang kelebihan stok dagangannya sehingga timbul kestabilan harga. “Meningkatnya harga dan banyaknya permintaan dari pembeli biasanya terjadi di awal menghadapi puasa dan diakhir puasa atau menjelang hari raya Idul Fitri,” katanya.
Ia mengatakan, turunnya harga daging ayam dibarengi juga dengan turunnya harga telur ayam broiler. Dari harga kisaran Rp 25 ribu per kg saat ini juga mengalami penurunan hingga dua ribu rupiah per kg. “Saat ini untuk harga telur ayam sudah berangsur turun, walaupun belum bisa dikatakan normal. Saat ini rata-rata harga telur ayam di kisaran Rp 23 ribu per kg,” ujarnya.
Asep menjelaskan, secara umum dan berdasarkan data di Pasar Induk Pasirhayam Cianjur, rata-rata harga memasuki pekan kedua Ramadan berada dalam kondisi normal. Malahan ada kecenderungan terus terjadi penurunan harga.
Seperti harga beras kualitas medium II masih di kisaran Rp 9 ribu per kg, beras kualitas premium Rp10.500 per kg, gula pasir curah lokal di kisaran Rp11.500 per kg, minyak goreng kemasan Rp13 ribu per liter, minyak goreng curah Rp 11.500 per liter, serta daging sapi masih bertahan di kisaran Rp 110 ribu per kg.
Sementara untuk jenis sayuran yang komoditasnya kerap berfluktuasi yakni jenis cabai. Saat ini harga cabai merah biasa (TW) di kisaran Rp 30 ribu per kg, cabai merah keriting Rp 28 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp 24 ribu per kg, dan cabai rawit merah Rp 28 ribu per kg. (mg2/yhi)

0 Komentar