Kapolres Cianjur Desak BBKSDA Segera Relokasi Penangkaran Buaya Muara

Relokasi buaya
Kapolres Cianjur, AKBP Rohman Yonky Dilatha.
0 Komentar

CIANJUR, Cianjur.jabarekspres.com – Kapolres Cianjur, AKBP Rohman Yonky Dilatha mendesak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) untuk segera merelokasi penangkaran puluhan buaya yang ada di Kampung Gunung Calung, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur.

“Saya sudah berkomunikasi dengan BBKSDA untuk hal itu. Kita tidak ingin hal serupa terjadi lagi dan resahkan warga, ini ada potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas),” kata Yonky saat ditemui pada Senin, 8 Oktober 2024.

Namun dari hasil komunikasi tersebut, BBKSDA tidak memberikan kejelasan soal kapan tepatnya puluhan buaya tersebut direlokasi.

Baca Juga:Ribuan Penonton Kembali Padati Sunset di Kebun Phase 2 Hari Pertama di KRCGanjar Ramadhan: Membelot Kita Cabut KTA dan Pecat!

“Tidak ada kejelasan kapan batas waktunya (relokasi). Tapi kami desak agar segera,” jelasnya.

Pihaknya juga telah memeriksa tiga orang terkait, untuk dimintai keterangan yakni dari pihak pemilih lahan Fujianto, juga dua orang dari BBKSDA.

“Sementara kita panggil tiga orang dan kita periksa sebagai saksi. Untuk memeriksa legalitas dari penangkaran sementara itu,” kata Yonky.

Pasalnya, memasuki musim hujan membuat Yonky khawatir insiden buaya muara lepas ke persawahan terjadi lagi.

“Untuk menilai kelaikan itu harus ada pendalaman oleh pihak terkait, tapi kami kepolisian ingin mencegah hal serupa terjadi, meskipun di lokasi tembok yang jebol sudah diperbaiki,” kata Yonky.

Dirinya juag telah menginstruksikan Kasat Reskrim Polres Cianjur, AKP Tono Listianto untuk memperluas parameter jarak aman dengan radius 20 meter dari penangkaran.

“Agar tidak ada masyarakat yang bisa mendekat. Maka raduisnya kita perlebar, kita batasi dengan menggunakan garis polisi,” ungkapnya.

Baca Juga:Tim Gabungan Pasangi Garis Polisi di Lokasi Buaya Kabur di CianjurTumpahan Oli Sebabkan Sejumlah Pemotor Tergelincir di Jalur Tengkorak Gekbrong

Terpisah, Kepala Bidang KSDA Wilayah 1 Bogor mengaku dirinya sedang berada di Polres Cianjur dan belum melihat lokasi penangkaran sementara.

“Belum sempat (ke lokasi), masih di polres,” kata dia melalui pesan Whatsapp.

Dirinya juga mengungkapkan jika akan segera memindahkan puluhan buaya muara dan saat ini masih dalam tahap pengecekan lokasi penangkaran.

“Segera, saya sedang cek lokasi,” tandasnya.

0 Komentar