Pertamina Patra Niaga RJBB Apresiasi Polres Subang Ungkap Kasus Dugaan Penyalahgunaan Tabung LPG Bersubsidi

Pertamina
Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu, didampingi oleh Kasat Reskrim AKP Gilang Indra Friyana Rahmat saat konferensi pers di Polres Subang pada Selasa 24 September 2024.(istimewa)
0 Komentar

JAKARTA,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) mengapresiasi keberhasilan Kepolisian Resor (Polres) Subang yang telah mengungkap dan mengamankan tersangka yang terlibat dalam kasus dugaan penyalahgunaan tabung LPG bersubsidi ukuran 3 kilogram (kg) yang disuntikkan ke tabung LPG ukuran 5,5 kg, 12 kg, dan 50 kg di wilayah Kabupaten Subang.

Dalam konferensi pers yang diadakan oleh Polres Subang pada Selasa 24 September 2024, Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu, didampingi oleh Kasat Reskrim AKP Gilang Indra Friyana Rahmat, menyampaikan bahwa pihaknya berhasil menangkap 4 (empat) tersangka yang melakukan praktik pengoplosan tabung LPG dengan menyuntikkan LPG 3 kg bersubsidi ke dalam tabung ke tabung gas LPG ukuran 5,5 kg, 12 kg, dan 50 kg (non subsidi).

Pengungkapan dilakukan di Perumnas Jalan Anggur Raya, Kelurahan Sukamelang, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang pada Jumat (06/09) lalu. Menurut keterangan Kapolres Subang, keempat tersangka tersebut mempunyai peran masing-masing, diantaranya melakukan penyuntikan tabung dengan memodifikasi pipa besi/regulator sebagai alat suntik. Seluruh pelaku telah ditahan dan barang bukti disimpan di Mapolres Subang.

Baca Juga:Tim Sibat PMI Cianjur Ikuti Latihan Gabungan di Kebumen Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 ,Indra Sjafri Optimis Timnas U-20 Indonesia Raih Kemenangan Melawan Maladewa

Area Manager Communication, Relation dan CSR Regional Jawa Bagian Barat PT Pertamina Patra Niaga Eko Kristiawan, menyampaikan apresiasi kepada Polres Subang dan mendukung sinergi dengan kepolisian untuk menjaga penyaluran LPG bersubsidi agar tepat sasaran.

“Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat berterima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada Kapolres, Kasat Reskrim, Kanit Tipidter, dan Tim Tipidter Polres Subang yang telah berhasil mengungkap kasus penyalahgunaan tabung LPG dan menangkap para pelaku,” ucap Eko.

Pihaknya menambahkan bahwa penyalahgunaan gas LPG bersubsidi merupakan tindakan yang dapat menimbulkan kerugian pada negara dan pelakunya dapat dikenakan sanksi pidana selama 6 tahun dan denda paling tinggi sebesar 60 miliar rupiah. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk menggunakan LPG sesuai peruntukannya.

“LPG 3 Kg diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu, bagi masyarakat mampu agar membeli LPG Non-subsidi di channel resmi Pertamina atau memesan melalui Call Center 135,” tambah Eko.

“Kami terus berkoordinasi dengan Pihak Kepolisian dalam menjaga penyaluran LPG bersubsidi dan kami berharap agar sinergi ini dapat terus ditingkatkan kedepannya agar praktik penyelewengan LPG bersubsidi ini bisa dihilangkan sehingga masyarakat mendapatkan gas LPG yang sesuai dengan standar keamanan dan kualitas dari Pertamina,” kata Eko.

0 Komentar