PMI Cianjur Sebut Stok Darah Sepekan Kedepan Masih Aman

Ilustrasi
Ilustrasi donor darah.(pixabay)
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur diprediksi cukup hingga sepekan.

Dalam sebulan, PMI Kabupaten Cianjur harus menyiapkan stok sebanyak 2.000 labu darah untuk kebutuhan rumah sakit di Cianjur.

Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Fikri, mengatakan, untuk stok darah di PMI saat ini masih mencukupi kebutuhan.

Baca Juga:Jabar Provinsi Berkinerja Baik Turunkan Kemiskinan Ekstrem18 Desa Dicanangkan Jadi Desa Ramah Pelayanan Publik, Herman Suryatman: Penguatan Desa Kunci Sukses Jabar Maju

“Stok darah, untuk stok darah hingga saat ini kita masih mencukupi memenuhi kebutuhan termasuk untuk rumah sakit baru,” katanya kepada Cianjur Ekspres, Rabu 18 September 2024.

Fikri mengatakan, UTD PMI Kabupaten Cianjur masih menyiapkan stok per satu bulan di angka 2.000 labu berbagai jenis golongan darah untuk lima rumah sakit.

“Upaya kita selain mengandalkan dari pendonor yang datang langsung ke UTD, kita juga melakukan mobile unit ke kelompok pendonor, seperti kemarin ada kegiatan di Taman Bunga Nusantara, kita buka mobile unit di sana,” ungkapnya.

Biasanya, kata Fikri, ketika memasuki bulan September ke Oktober, golongan darah O sangat susah.

“Ini tidak tahu fenomena apa, biasanya golongan darah O yang susah. Tapi untuk saat ini kita per hari ini masih ada stok lima sampai delapan labu untuk stok darah golongan O, yang biasanya melimpah,” katanya.

“Hingga saat ini untuk stok darah masih aman, sampai satu Minggu ke depan juga masih aman,” pungkasnya.

0 Komentar