Libur Panjang, Kemacetan Panjang di Jalan Raya Cipanas-Puncak Cianjur Sejak Minggu Sore Hingga Senin Pagi

Macet
Kemacetan kendaraan hingga belasan kilometer terjadi di ruas jalan raya Cipanas-Puncak, Kabupaten Cianjur pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu 15 September 2024. 
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Kemacetan kendaraan hingga belasan kilometer terjadi di ruas jalan raya Cipanas-Puncak, Kabupaten Cianjur pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, Minggu 15 September 2024.

Ribuan kendaraan roda empat terjebak kemacetan. Pantauan Cianjur Ekspres, kepadatan arus lalu lintas dari arah Cianjur menuju Puncak Bogor mulai terjadi sejak Minggu 15 September 2024 sore.

Bahkan hingga pukul 22:00 WIB malam, ekor kemacetan mencapai ruas jalan Ciherang atau tepatnya di Kampung Cibereum, Kecamatan Cugenang.

Baca Juga:Libur Panjang Akhir Pekan, KCIC Catat Penumpang Whoosh Meningkat 25 Persen KAI Operasikan 113 Kereta Api, Kota Wisata Jadi Tujuan Favorit Penumpang 

Sementara, arah sebaliknya yakni dari arah Puncak Bogor menuju Cianjur ramai lancar, antrian kendaraan hanya terjadi dibeberapa titik akibat adanya sejumlah kendaraan yang mencoba melawan arah dan keluar masuk dari sejumlah tempat wisata, hotel dan restoran.

Hingga Senin 16 September 2024 pagi, sekitar pukul 07:00, kemacetan di Ruas Jalan Raya Cipanas menuju kawasan Puncak masih terpantau padat kendaraan.

Sementara itu, dari arah Bogor menuju Cianjur juga mengalami kemacetan cukup panjang akibat kendaraan ke arah Bogor yang melambung ke lajur kanan sehingga menutup akses jalan dari arah berlawanan.

Wisatawan asal Jakarta, Natania (24) mengaku terpaksa tidur di dalam kendaraan akibat terjebak macet parah sekitar pukul 18.00 WIB.

“Saya tidak menyangka harus tidur di mobil hingga Senin pagi setelah berwisata dari Cibodas. Mau putar arah juga sulit, karena arah ke bawah juga macet,” katanya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Cianjur AKP Anjar Maulana mengatakan volume kendaraan yang berlibur ke kawasan Puncak Bogor dan Cianjur mengalami lonjakan pada libur kali ini.

“Liburnya tiga hari dari Sabtu sampai Senin. Jadi banyak yang berlibur. Makanya volume kendaraan meningkat sehingga menyebabkan kepadatan arus lalulintas,” katanya.

Baca Juga:Jasa Marga Catat 191.954 Kendaraan Meninggalkan Jabodetabek H-3 Libur Panjang Maulid Nabi Muhammad SAWKabar Duka, Kepala Dinas Sosial Cianjur Meninggal Dunia

Anjar mengungkapkan kemacetan yang terjadi di Cianjur akibat imbas dari Bogor.

“Kalau Cianjur kan dampak dari Bogor. Jadi ketika di Bogor macet, ekornya bisa sampai Cianjur,” ungkapnya.

Anjar menjelaskan sebanyak 65 personel Polres Cianjur diterjunkan untuk mengatur lalulintas dan mengurai kemacetan agar kemacetan tidak semakin parah.

Dia juga mengimbau pengendara yang akan menuju Bogor dan Jabodetabek untuk mengambil jalur alternatif guna menghindari kepadatan arus di kawasan Puncak.

0 Komentar