Pemerintah Pastikan Ketersediaan Hunian Pekerja di IKN: Bantah Isu Kekurangan Air

OIKN
Kepala Divisi Logistik dan Keuangan Tim Transisi OIKN Yuda Ramadani Lubis memberi keterangan ketika ditemui di HPK IKN, Kalimantan Timur, Kamis (15/8/2024). ANTARA/Putu Indah Savitri
0 Komentar

cianjur.jabarekspres.com, ANT – Menyikapi isu kekurangan air bersih, pemerintah telah mengambil langkah nyata dengan menambah kapasitas produksi air bersih di HPK IKN melalui penambahan dua unit IPA.

“Kalau ada isu yang mengatakan air di HPK itu sulit, itu tidak benar adanya,” ujar Kepala Divisi Logistik dan Keuangan Tim Transisi OIKN Yuda Ramadani Lubis ketika ditemui di HPK IKN, Kalimantan Timur, Kamis.

Yuda menjelaskan bahwa pemerintah sudah melakukan penambahan dua unit instalasi pengolahan air (IPA) di HPK IKN.

Baca Juga:Jalankan Amanat UU Perlindungan Data Pribadi, PLN Pastikan Data Pelanggan Aman dengan Sistem TerenkripsiPastikan Wilayah Pembangunan PLTA UCPS Merdeka, PLN Gelar Sosialisasi di Bandung Barat

Penambahan dua unit IPA tersebut, kata dia, untuk mendukung dan memasok tambahan air untuk memenuhi kebutuhan para pekerja yang tinggal di HPK.

“Jadi, untuk air di HPK ini sudah terfasilitasi dan sudah dalam kondisi baik,” kata Yuda.

Lebih lanjut, Yuda juga mengatakan sudah menghitung kebutuhan air para pekerja. Tidak hanya kebutuhan untuk mandi, tetapi untuk mencuci dan lain sebagainya.

“Itu sudah kita hitung secara kebutuhan. Para pekerja kan kebiasaannya (menggunakan air) bukan hanya untuk mandi, tapi ada untuk mencuci juga,” kata dia.

Jumlah IPA yang semula sebanyak dua unit, kini menjadi 4 unit dengan masing-masing kapasitas dalam mengalirkan air adalah 5 liter per detik.

“Jadi, sekarang itu (totalnya) ada 20 liter per detik. Untuk kapasitasnya sih mencukupi, ya, untuk pekerja di sini,” ucap Yuda.

Penambahan IPA tersebut tidak hanya ditujukan untuk perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 RI di IKN. Yuda mengatakan penambahan tersebut akan berlaku untuk seterusnya.

Baca Juga:Armada Bus Listrik Mewah Siap Antar Tamu VIP di Upacara HUT RI ke-79 IKNAPRINDO Pastikan Ketersediaan Minimarket di Zona Komersial IKN

Bahkan, untuk saat ini, Yuda mengatakan masih mencari komposisi air terbaik untuk menjamin kenyamanan para pekerja di HPK.

“Air di HPK itu memang kami mencari formulanya, supaya para pekerja ini nyaman. Salah satunya adalah melengkapi fasilitas penunjang, seperti air, listrik, dan sebagainya,” kata Yuda.(antara)

0 Komentar