Kunjungi SMPN 2 Cianjur, Ini Kesan Pelajar SMP Yachimata Jepang

SMP Yachimata
Pelajar SMP Yachimata Jepang melanjutkan program pertukaran pelajar di Cianjur dengan mengunjungi SMPN 2 Cianjur, Jumat 2 Agustus 2024.(M. Rendi Ramadan/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Pelajar SMP Yachimata Jepang melanjutkan program pertukaran pelajar di Cianjur dengan mengunjungi SMPN 2 Cianjur, Jumat 2 Agustus 2024. Sebelumnya, mereka sudah mengunjungi SMPN 1 Cianjur pada Kamis 1 Agustus 2024.

Banyak hal yang mereka pelajari saat berkunjung ke SMPN 2 Cianjur, salah satunya kosakata Bahasa Indonesia. Bahkan sejumlah pelajar SMP Yachimata, mengaku senang Ketika ditawari makanan khas Indonesia. 

Seperti yang diutarakan salah seorang Pelajar SMP Yachimata, Chia, dirinya sangat gembira ketika mengikuti program pertukaran pelajar di Cianjur.

Baca Juga:Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Jokowi Kenakan Pakaian MelayuBlok Rokan Jadi Simbol Ketahanan Energi Nasional Terpilih Sebagai Lokasi Upacara Hari Pancasila

“Anak-anak di sini pada ceria dan friendly (baca: ramah),” ucapnya melalui penerjemah saat di wawancarai Cianjur Ekspres. 

Dirinya mengungkapkan, bersama dengan pelajar lainnya ikut belajar kosakata bahasa Indonesia. Chia mengatakan, salah satu kosakata bahasa baru yang diingatnya yaitu ‘Aula’ yang berarti ruangan besar. 

Bukan itu saja, Chia juga merasa senang ketika ditawari salah satu makanan yang disajikan, yaitu Ubi Ungu.

Sementara itu, Kepala SMPN 2 Cianjur, Tono Hartono, menegaskan, pihaknya menyambut baik kedatangan pelajar dari SMP Yachimata Jepang. Dimana pada tahun-tahun sebelumnya, siswa SMPN 2 Cianjur juga disambut baik oleh SMP Yachimata.

“Ya kami, SMPN 2 menyambut baik tamu dari Yachimata Jepang karena berdasarkan pengalaman, dua tahun berturut-turut siswa kami di Jepang disambut dengan baik,” katanya. 

Dirinya mengungkapkan, kedatangan para pelajar SMP Yachimata disambut dengan atraksi baris berbaris yang divariasikan dengan pencak silat serta lainnya. Bahkan, kata Tono, para pelajar SMP Yahchimata turut serta mengikuti pembelajaran yang tengah berlangsung di kelas-kelas.

“Alhamdulillah, mereka larut bisa belajar bersama dengan anak-anak, mereka kelihatan sangat gembira,” tuturnya.

Baca Juga:Besok, Batas Akhir Pendaftaran Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Jabar Tahun 2024-2028Bey Machmudin Ajak Pemuda dan LSM Jadi Pelopor Antikorupsi 

“Saya ucapkan terima kasih atas kedatangan ke sini. kita saling belajar masalah kedisiplinan, karakter, kebersihan, segala macam. Kami juga belajar dari Jepang,” ujar Tono menambahkan.(Mg2)

 

0 Komentar