Jelang Kemerdekaan Indonesia PLN Laksanakan Program TJSL Pembangunan Irigasi

PLN
PLN juga berkontribusi menggerakkan ekonomi masyarakat melalui aktivitas tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). 
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Kehadiran PLN di tengah masyarakat tidak hanya untuk memastikan ketersediaan pasokan listrik yang andal, namun PLN juga berkontribusi menggerakkan ekonomi masyarakat melalui aktivitas tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). 

Seperti halnya program TJSL PLN yang telah dirasakan manfaatnya oleh kelompok tani di Cianjur bernama Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3) berupa proyek pembangunan saluran irigasi. 

Cianjur terkenal sebagai salah satu daerah penghasil beras di Jawa Barat. Berdasarkan data dari Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kab. Cianjur, sebesar 58.101 Ha atau 16,59% wilayah Kabupaten Cianjur dimanfaatkan untuk pertanian lahan basah dan 97.227 Ha atau 27,76% berupa lahan pertanian kering dan tegalan. Warga Cianjur pun masih banyak yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian dengan persentase sebesar 62,99%. 

Baca Juga:Jelang Hari Kemerdekaan RI, PLN UP3 Cianjur Ajak Pelanggan Manfaatkan Promo Tambah Daya TerbaruKabar Gembira Jelang HUT RI, PLN UP3 Cianjur Bakal Tambah SPKLU Baru

Kelompok Tani (Poktan) P3 berterima kasih dengan adanya bantuan TJSL untuk proyek irigasi sawah warga Kp. Caringin, Desa Mekarsari, Kec. Cianjur. Ditemui di lokasi pesawahan Kp. Caringin pada Rabu (24/7), Ketua P3, Epen Sopandi bercerita banyak soal manfaat program tersebut. 

“Pertanian menjadi salah satu mata pencaharian warga di sini. Repot karena airnya tidak ada padahal sumber airnya hanya dari situ. Airnya kurang jadi hasil padinya tidak maksimal dan kekeringan. Karena saluran irigasi yang ada rusak dan terbengkalai sejak tahun 2000-an. Jadi hanya sawah-sawah yang dekat dengan sumber air (yang bisa teraliri),” kata Epen. 

Dengan adanya program TJSL PLN berupa proyek irigasi, kini sekitar 250 warga Kp. Caringin telah merasakan manfaatnya. 

“Selain untuk sawah, irigasi ini juga mengaliri kolam-kolam di depan rumah warga. Ikannya bisa dikonsumsi oleh warga. Kami berterima kasih karena adanya bantuan ini sangat membantu,” ujar Epen lebih lanjut. 

Sementara itu, Andre Pratama Djatmiko, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur berharap program TJSL PLN berupa pembangunan saluran irigasi dapat memberikan dampak positif bagi para petani di Cianjur sehingga mampu mendukung ketahanan pangan di Cianjur. 

0 Komentar