Ketombe: Benarkah Disebabkan Oleh Cuaca Panas?

Ketombe: Benarkah Disebabkan Oleh Cuaca Panas?
penyebab munculnya ketombe ( Designed by Freepik )
0 Komentar

cianjur.jabarekspres.com – Ketombe merupakan suatu kondisi kulit kepala yang umum ditandai dengan serpihan putih kering dan rasa gatal. Meskipun tidak berbahaya, ketombe dapat mengganggu penampilan dan membuat Anda tidak nyaman.

Banyak orang yang mengeluhkan bahwa ketombe mereka semakin parah saat cuaca panas. Hal ini memang ada benarnya, namun cuaca panas bukan merupakan penyebab utama ketombe.

Lalu, apa yang menyebabkan ketombe?

Penyebab utama ketombe adalah jamur Malassezia, yang secara alami hidup di kulit kepala. Pertumbuhan jamur ini yang berlebihan lah yang menyebabkan ketombe.

Cuaca panas dapat memperburuk ketombe karena beberapa faktor:

Baca Juga:Resep Masakan Lezat dan Mudah untuk Dicoba di Liburan Akhir PekanMembongkar Rahasia Memilih Pemimpin yang Efektif: Ciri-ciri, Keterampilan, dan Strategi

Peningkatan keringat: Keringat yang berlebihan dapat menciptakan lingkungan yang lembab dan hangat, yang disukai jamur Malassezia.

Peningkatan produksi minyak: Cuaca panas dapat memicu kelenjar minyak di kulit kepala untuk memproduksi lebih banyak minyak. Minyak ini dapat menyuburkan jamur Malassezia.

Lemahnya daya tahan tubuh: Cuaca panas dapat melemahkan daya tahan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi jamur.

Faktor lain yang dapat memperburuk ketombe yakni stres, kondisi medis tertentu, seperti psoriasis dan eksim, perubahan hormon, produk rambut tertentu.

Meskipun cuaca panas tidak menyebabkan ketombe, namun orang dengan riwayat ketombe mungkin akan mengalami perburukan ketombe saat cuaca panas.

Tips untuk mengatasi ketombe saat cuaca panas:

  • Gunakan sampo antiketombe secara rutin

Pilih sampo yang mengandung bahan antijamur seperti ketoconazole, zinc pyrithione, atau selenium sulfide.

  • Lakukan eksfoliasi kulit kepala secara rutin
  • Gunakan scrub kulit kepala atau sikat rambut khusus untuk mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih.
  • Hindari stres
  • Konsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral
  • Vitamin B, zinc, dan omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala
  • Minum air putih yang cukup.
  • Hindari penggunaan produk rambut yang berat atau berminyak
  • Kenakan topi atau scarf untuk melindungi kulit kepala dari sinar matahari

Jika ketombe Anda tidak kunjung membaik setelah mencoba tips di atas, konsultasikan dengan dokter kulit. Dokter mungkin akan meresepkan obat yang lebih kuat untuk mengatasi ketombe Anda.

0 Komentar