Bikin Bangga! Pelajar SMP dari Cianjur Raih Medali di Olimpiade Sains di Amerika

Pelajar Cianjur
Pelajar asal Cianjur dan Bandung raih medali perunggu
0 Komentar

Cianjur.jabarekspres.com – Moch Zahran Alfathin Mulkan Djunaedi dan Viandra Satriya Hutomo, siswa SMP asal Jawa Barat ini berhasil meraih medali perunggu lomba science dalam Genius Olympiad di Rochester Institute of Technology New Rork, Amerika Serikat.

Melalui penelitiannya membuat ekstrak Pommetia pinnata (buah matoa) dan Nolumbo nucifera (biji lotus) sebagai antiseptik handlotion, keduanya mengungguli peserta dari puluhan negara berbeda.

Zahran, pelajar asal Cianjur mengatakan awalnya dia dan temannya Viandra yang berasal dari Bandung mendapatkan rekomendasi dari sekolah tempatnya belajar yakni SMP Pribadi Bandung School untuk mengikuti babak final perlombaan di Genius Olympiad di Rochester Institute of Technology New Rork, Amerika Serikat.

Baca Juga:Raih Keberkahan Lewat Berkurban, Hari Raya Idul Adha 1445 H PLN UIP JBT Sumbangkan 52 Hewan KurbanPLN Masuk Jajaran 10 Besar Perusahaan Terbaik Asia Tenggara Versi Fortune

“Semula kami mengikuti fase penyisihan yang digelar secara online dengan cara mengirimkan makalah tentang project yang kita buat. Lalu makalah-makalah yang sudah di kumpulkan akan di seleksi oleh panitia(rochester institute technolog),” kata dia, Rabu (19/6/2024).

Menurut dia, dari total 3.843 peserta di bidang science project, robotic, art, music, coding dan juga writing, terpilih hanya menjadi 1.065 peserta yang lolos ke babak final.

“Ada 1.065 peserta dari 67 negara menjadi perserta lolos ke babak final. Dari sekolah saya dikirimkan dua tim, termasuk tim saya,” kata dia.

Dia menjelaskan dalam olimpiade tersebut dirinya mengikuti bidang sains dengan membuat antiseptic handlotion yang berbahan dasar dari ekstrak buah matoa dan biji lotus. 

“kita memilih buah matoa karena buah matoa memiliki senyawa kimia yang bernama saponin dan tanin yang bisa menghancurkan sel dinding kuman (E.Coli) dan juga kita memilih matoa karena kita ingin menaikkan/mempopulerkan pemanfaatan buah matoa di dunia,” kata dia.

“Lalu kita memilih biji lotus karena biji lotus memiliki senyawa kimia yang sama dengan buah matoa yaitu saponin dan juga tanin sehingga buah matoa dan biji lotus akan berguna untuk menjadi bahan antibakterial,” tambahnya.

Dia menuturkan hasil penelitian dan karyanya tersebut memiliki manfaatakaknya handsanitizer tetapi produk tersebut dibuat dari bahan yang alami sehingga cocok disemua tipe kulit.

0 Komentar