Mendesak! Komite Ekraf Butuh Gedung Cianjur Creative Center

gedung creative center
Gedung Cianjur Creative Center (CCC) Jalan Mangunsarkoro, Keluarahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur.(Rikzan RA/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Gedung Cianjur Creative Center (CCC) Jalan Mangunsarkoro, Keluarahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur masih saja tak terpakai. Dari pantauan Cianjur Ekspres, gedung yang dibangun dari dana hibah Rp12 miliar Pemprov Jabar itu hanya digunakan untuk lahan parkir.

Diketahui, gedung CCC tersebut merupakan kewenangan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur yang rencananya akan diserahkan pada Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (Ekraf) Kabupaten Cianjur.

Ketua Komite Ekraf Kabupaten Cianjur, Adam Jabbar, menyebutkan, jika gedung CCC belum diserahkan pada komite dan masih harus diperbaiki oleh dinas terkait dalam hal ini Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Cianjur. 

Baca Juga:Panitia Pelaksana Porkab VII Cianjur Gelar Technical Meeting Sekda Herman Suryatman Dorong Investasi Berdampak Nyata terhadap Kesejahteraan Masyarakat Jabar 

Pasalnya di hampir tiap sudut gedung terdapat retakan-retakan yang muncul setelah Cianjur diguncang gempa 5,6 magnitudo pada 21 November 2022 silam.

“Info dari Disbudpar, gedung CCC itu akan diperbaiki dahulu sebelum akhirnya diserahkan pada kami. Dan prosesnya lintas instansi. Kebutuhan gedung yang akan menampung para pegiat ekraf di Cianjur ini mendesak,” ungkap Adam saat dihubungi Cianjur Ekspres, Senin 10 Juni 2024. 

Setelah dikukuhkan dua bulan lalu, pihaknya sudah mulai menampung 17 subsektor ekraf yang saat ini masih terpisah-pisah. Adapun 17 subsektor ekraf yang sudah siap menempati gedung CCC yakni bidang Pengembangan Permainan, Arsitek, Desain Interior.

Lalu ada bidang Musik, Seni Rupa, Desai Produk, Fesyen, Kuliner, Film Animasi dan Video, Fotografi, DKV, Televisi dan Radio, Kriya, Periklanan, Seni Pertunjukan, Penerbitan, dan Apilkasi.

“Bahkan saat ini kegiatan-kagiatan di komite sudah berjalan meskipun belum memiliki wadah. Padahal gedung itu sudah rampung di 2024. Kita juga diminta untuk mempersiapkan konsep Hari Jadi Cianjur ke 347 Tahun pada 12 Juli mendatang,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mempersiapkan kegiatan Cianjuran Fest 2024 yang seharusnya digelar di CCC. Namun karena belum rampung, pihaknya pun harus mencari lokasi lain.

“Katanya untuk perbaikan, sudah masuk dalam anggaran perubahan APBD 2024. Dan dengar-dengar baru rampung pada 2025 nanti. Artinya masih sangat lama,” kata Adam.

Baca Juga:Bey Machmudin Sambut Baik Implementasi Sertipikat Tanah Elektronik Sekda Herman Suryatman Lepas Empat Calon Asal Jabar Ikuti Seleksi Paskibraka Nasional

Terpisah, Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Kabupaten Cianjur Tita mengatakan, meskipun petunjuk teknis telah diterima dari Asisten Daerah II Bidang Perekonomian Setda Cianjur, pihaknya masih berkomunikasi lebih lanjut dengan Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

0 Komentar