Singkirkan Lima Desa Pesaingnya, Desa Sukamanah Cugenang Juara Lomba Desa Tingkat Kabupaten

lomba desa dan kelurahan,
PAPARAN: Kepala Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Indra Surya Pradana saat menyampaikan paparan di depan panitia Lomba Desa dan Kelurahan tingkat kabupaten. (Foto: Bisri Mustofa/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang berhasil menjadi juara pada Lomba Desa tingkat Kabupaten Cianjur tahun 2024. Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, berhasil mengungguli lima Desa lainnya yang masuk dalam tahap klarifikasi lapangan.

Lima desa lainnya yang masuk pada tahap klarifikasi lapangan pada Lomba Desa tingkat kabupaten yakni Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Desa Sukaresmi, Kecamatan Sukaresmi, Desa Sukamanah, Kecamatan Mande, Desa Sukamahi, Kecamatan Cijati, dan Desa Waringinsari, Kecamatan Takokak.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa (BPD) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Cianjur Dendi Reinaldi mengatakan berdasarkan hasil pleno tim penilai tanggal 29 Mei 2024, juara lomba Desa tingkat Kabupaten Cianjur 2024 jatuh kepada Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang.

Baca Juga:Beri Motivasi Penggunaan Bahasa Inggris, SDN Ibu Dewi IV Hadirkan Siswi Sekolah InternasionalKorban Penyintas Gempa di Cugenang Dilatih Membuat Tempe

“Sekarang sedang proses penetapan Keputusan Bupati dan persiapan Untuk mengikuti lomba desa tingkat Jawa Barat,” kata Dendi saat dihubungi Cianjur Ekspres, Kamis 30 Mei 2024.

Menurut Dendi, terpilihnya Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang sebagai juara pada Lomba Desa tingkat Kabupaten didasarkan pada sejumlah penilaian. Desa Sukamanah paling unggul dari lima desa lainnya yang turut dalam penilaian.

“Dari sisi nilai kelengkapan administrasi, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang memiliki nilai kelengkapan yang paling tinggi. Kemudian dari nilai klarifikasi lapangan juga unggul di penyediaan data, inovasi, pemaparan kepala desa dan selayang pandang,” jelasnya.

Dendi menyebut salah satu tujuan digelarnya lomba desa ini untuk melaksanakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 81 tahun 2016 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

“Tujuannya untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja pemerintahan desa dan memberikan apresiasi kepada desa-desa yang memiliki kinerja yang baik,” tandasnya.

Dendi berharap desa-desa di Kabupaten Cianjur dapat termotivasi untuk memperbaiki kinerjanya serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan, pembangunan dan pemberdayaannya melalui inovasi yang dimunculkan secara kompetitif.

Kepala Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Indra Surya Pradana mengucap syukur atas capaian Desa Sukamanah, hingga berdasarkan hasil penilaian Lomba Desa dan Kelurahan ditetapkan sebagai juara 1 tingkat Kabupaten Cianjur.

Baca Juga:526 Warga Terjangkit DBD, Enam Orang Meninggal DuniaKasus Kekerasan Perempuan dan Anak Tinggi, Januari – Maret 2024 Sudah 34 Kasus Terjadi di Cianjur

“Tentunya ini bukan sulap atau sihir, artinya tidak tiba-tiba tapi melalui proses yang cukup untuk mencapai ini. Berkat  sinergitas perangkat, BPD, lembaga-lembaga desa, RT/RW, Babinsa, Babinmas, bidan desa, dan dukungan dari masyarakat selama ini,” katanya. 

0 Komentar