Komitmen Edi Darma Pohan Bantu UMKM dengan Program Pinjaman Tanpa Bunga

Edi Darma pohan
Edi Darma Pohan, atau akrab disapa Kang Edan berkomitmen untuk tingkatkan perekonomian Cianjur, salah satunya melalui program bantuan pinjaman tanpa bunga untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM).
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Edi Darma Pohan, atau akrab disapa Kang Edan merupakan politisi dari partai Golkar yang juga digadang-gadang akan maju menjadi calon bupati Cianjur di pilkada 2024. 

Dirinya berkomitmen untuk tingkatkan perekonomian Cianjur, salah satunya melalui program bantuan pinjaman tanpa bunga untuk usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Ketua Koperasi Anggota Sembako Murah (ASM) Berseri, Osi Rosyanti, mengungkapkan, bahwa program ini merupakan bukti dari keseriusan Kang Edan dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Cianjur.

Baca Juga:HMI Silaturahmi dengan Kejaksaan Negeri Cianjur, Bahas Solusi Pengentasan KriminalitasSekda Herman Suryatman Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari IPDN

“Jadi program pinjaman ini merupakan bagian dari program ASM Berseri yang memang sudah berjalan sejak lama, di mana Kang Edan ini sebagai pembina dari ASM Berseri, dan pada saat ini sudah ada 2.000 masyarakat yang sudah merasakan manfaat dari program Kang Edan ini,” ujar Osi, Kamis 30 Mei 2024.

Setelah program sembako murah berhasil, lanjut Osi, Kang Edan pun berkeinginan memperluas manfaat untuk masyarakat Cianjur. Berangkat dari kepedulian Kang Edan terhadap ekonomi Cianjur dan banyaknya masyarakat yang terjerat bank emok atau rentenir akhirnya diluncurkanlah program bantuan pinjaman tanpa bunga.

“Seperti yang kita ketahui, kalau sistem bank emok itu menjerat yah, yang awalnya berharap dapat solusi dalam persoalan ekonomi karena sistem bunganya yang mencekik ya akhirnya masyarakat malah harus menambah masalah baru, gali lubang tutup lubang pada akhirnya,” jelasnya.

Dengan adanya program ini, diungkapkan Osi, bahwasanya Kang Edan berharap bisa memberikan solusi dan membantu masyarakat dari jeratan bank emok. Selain tanpa adanya bunga, proses dan sistemnya pun dibuat lebih mudah dan tidak memberatkan.

“Jadi pinjaman yang diberikan Kang Edan ini bener-bener tanpa bunga ya, juga tidak ada potongan apapun, dan untuk sistem pengembaliannya pun kita menyesuaikan dengan kemampuan peminjam, baik dari tenornya maupun jumlah cicilannya,” bebernya.

Adapun untuk pelaksanaan programnya saat ini, tambahnya, sudah berjalan dan sudah banyak masyarakat Cianjur yang menerima manfaatnya.

“Alhamdulillah untuk programnya sekarang sudah berjalan di Kabupaten Cianjur, dan respon dari warga sendiri sangat luar biasa, dan dalam menjalankan sistemnya pun untuk SDM nya kita bener-bener memberdayakan masyarakat cianjur, jadi disetiap wilayah itu ada koordinatornya dari masyarakat setempat” paparnya.

0 Komentar