Penjualan Hewan Kurban Kambing dan Domba di Cianjur Meningkat, Tapi Harganya Cenderung Turun

Hewan kurban
Tampak Pasar Hewan di Jalan Siliwangi, Kecamatan Cianjur.(Ringan RA/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Tiga pekan menuju Hari Raya Idul Adha 1445, penjualan hewan kurban khususnya kambing dan domba sudah meningkat, namun dinilai masih belum menujukkan peningkatan harga bahkan cenderung turun.

M Nandang (60) peternak kambing dan domba asal Kecamatan Cugenang mengungkapkan, dalam dua pekan terakhir dirinya sudah menjual kurang lebih 20 ekor kambing.

“Mungkin karena harganya masih murah, penjualannya jadi meningkat. Biasanya kambing ukurang sedang itu bisa Rp2,3 juta hingga Rp2,5 juta, sekarang harganya malah kisaran Rp2 jutaan,” ungkap M Nandang saat ditemui di Pasar Hewan Jalan Siliwangi, Kecamatan Cianjur pada Selasa, 28 Mei 2024.

Baca Juga:Tingkatkan Peran SDM dalam Keandalan Pasokan Listrik, PLN UP3 Cianjur Konsisten Gelar Akademi YantekGencarkan Sosialisasi PLN Mobile, PLN UP3 Cianjur Luncurkan Kampung Baraya PLN Mobile

Namun dirinya memastikan, memasuki Juni nanti, harga kambing akan meningkat pesat karena semakin dekat dengan momen Idul Adha yang jatuh pada 17 Juni 2024.

“Semakin dekat Rayagung (Idul Adha), harganya pasti akan naik bahkan bisa menyentuh angka Rp3 juta per ekor. Makin berat bobotnya makin tinggi juga harganya,” kata Nandang.

Menurutnya, sampai saat ini masih banyak warga luar kota yang membeli kambing di Pasar Hewan Cianjur, seperti dari Tangerang dan Jakarta.

“Ada beberapa yang beli borongan, ada juga yang beli satuan, jadi penjulan harian tergantung minat pembeli. Sementara kambing dan domba yang ada di sini (Pasar Hewan Cianjur) berasal dari beberapa daerah, seperti Garut, Bandung, dan Sukabumi,” kata dia.

Sementara, Amun (60) peternak asal Desa Cijedil, Kecamatan Cianjur menyebutkan jika penjualannya mengalami peningkatan hingga 80 persen.

Amun yang menjual kambing dan domba yang berukuran agak besar itu pun membanderol hewan kurbannya dikisaran Rp2,5 juta hingga Rp6 juta untuk ukuran besar.

“Yang beli kebanyakan dari luar kota seperti Tangerangm Jonggol, Bandung, bahkan Karawang,” kata Amun.

Baca Juga:Jelang Peringatan Harlah Pancasila, Persiapan Upacara 1 Juni di Blok Rokan Terus Dimatangkan Semakin Dekat Dengan Pelanggan, ICONNET Gelar Nobar Bioskop di Sumedang Bareng NetICON

Deni (40) pembeli hewan kurban asal Tangerang mengungkapkan dirinya sengaja membeli domba di Cianjur karena kualitasnya dinilai bagus.

“Kualitas hewan kurban di Cianjur itu bagus-bagus. Ini kali ketiga saya membeli hewan kurban di sini. Kalau masalah harga ya relatif lah, tidak beda jauh dengan daerah lain,” kata Deni.

0 Komentar