Bey Machmudin Kawal Pengiriman 16 Ton RDF ke Pabrik Semen

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin
Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memperingati Hari Bumi dirangkaikan dengan pengiriman perdana refuse derived fuel (RDF) hasil pengolahan sampah TPST Santiong di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Senin (22/4/2024). (Foto: Humas Jabar)
0 Komentar

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengatakan TPST Santiong punya kapasitas pengolahan sampah 50 ton per hari. 

Namun di tahap awal, saat ini baru dicoba sekira 30 ton per hari dan akan dimaksimalkan menjadi 50 ton jika sudah ada kesesuaian pada kinerja mesin dan para pekerjanya.

“Kapasitasnya 50 ton per hari. Tapi kita harus bertahap, jadi sekarang 30 ton dulu. Karena ini berkaitan dengan penyesuaian kerja mesin dan orangnya masih belajar,” kata Dicky.

Baca Juga:Sekda Jabar: Penyusunan RPJPD 2025 – 2045 jadi Pertaruhan JabarKepala dan Pejabat BPIP Melayat ke Rumah Duka Peserta Seleksi Paskibraka di Sukabumi

Jika sudah bisa maksimal menyerap sampah 50 per hari, tambah Dicky, maka secara signifikan TPST Santiong dapat mengurangi sampah di Cimahi yang jumlahnya mencapai 226 ton per hari.

Lebih lanjut Dicky juga segera mempertimbangkan penyerapan hasil RDF untuk beberapa industri yang berlokasi di Kota Cimahi agar kapasitas dan penyerapan hasil pengolahan bisa terakomodasi dengan baik.

“Ke depan kita harapkan Kota Cimahi bisa zero to TPA” pungkasnya. 

0 Komentar