Jarang Diketahui! Berikut 8 Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bareng Pisang

Makanan dan Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bareng Pisang
Jarang diketahui, ternyata 8 makanan dan minuman ini tidak baik jika dikonsumsi bersamaan dengan buah pisang lho! (Foto: Ilustrasi)
0 Komentar

CIANJUREKSPRES – Pisang merupakan buah yang kaya akan kalium, vitamin B6, dan serat. Buah ini lezat dan mudah diolah menjadi berbagai hidangan. 

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan pisang? Berikut 8 di antaranya:

1. Susu dan Produk Susu

Kombinasi pisang dan susu sering dijumpai dalam smoothie atau milkshake. Namun, kombinasi ini dapat menyebabkan kembung, sakit perut, dan diare pada beberapa orang. 

Baca Juga:Mengenal Kanker Sarkoma, Penyakit Langka yang Diderita Aktris Alice NorinOrang Tua Wajib Tahu! Ini Tanda-tanda Anak Menjadi Korban Bullying

Hal ini disebabkan oleh perbedaan waktu pencernaan antara pisang dan susu.

2. Makanan Tinggi Protein

Seperti halnya susu, makanan tinggi protein seperti daging merah, telur, dan kacang-kacangan membutuhkan waktu pencernaan yang lebih lama dibandingkan pisang. 

Mengonsumsi keduanya bersamaan dapat memperlambat pencernaan dan menyebabkan rasa tidak nyaman.

3. Karbohidrat Olahan

Mengonsumsi pisang bersama dengan karbohidrat olahan seperti roti putih, nasi putih, dan pasta dapat menyebabkan lonjakan gula darah secara drastis. 

Hal ini dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas.

4. Pisang Hijau

Pisang hijau mengandung pati resisten yang sulit dicerna. Mengonsumsinya bersama dengan makanan lain dapat menyebabkan kembung dan gas.

5. Buah Jeruk

Seperti halnya pisang, buah jeruk juga mengandung banyak gula. Mengonsumsi keduanya bersamaan dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan meningkatkan risiko obesitas.

6. Alpukat

Alpukat dan pisang sama-sama kaya akan lemak dan serat. Mengonsumsinya bersamaan dapat menyebabkan rasa kenyang berlebihan dan memperlambat pencernaan.

Baca Juga:Faktor-faktor yang Dapat Memicu Terjadinya BullyingWajib Tahu! Berikut Jenis-jenis Bullying yang Umum Terjadi

7. Es Krim

Es krim dan pisang sama-sama mengandung banyak gula. Mengonsumsinya bersamaan dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan meningkatkan risiko obesitas.

8. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung banyak gula dan kafein. Mengonsumsinya bersamaan dengan pisang dapat menyebabkan kembung, gas, dan diare.

Tips Mengonsumsi Pisang

– Konsumsi pisang dengan makanan lain yang memiliki waktu pencernaan serupa, seperti buah-buahan dan sayuran.– Hindari mengonsumsi pisang bersama dengan makanan tinggi protein, karbohidrat olahan, dan makanan yang mengandung banyak gula.– Jika kamu memiliki masalah pencernaan, konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat.

0 Komentar