CIANJUREKSPRES – Sejarah permainan puzzle bermula dari zaman kuno, dan seiring berjalannya waktu, berbagai jenis puzzle berkembang dan menjadi populer.
Puzzle terus berkembang dan berubah seiring berjalannya waktu, dengan berbagai inovasi dan variasi yang terus muncul.
Tidak hanya menyediakan hiburan, tetapi juga membantu melatih otak, memperbaiki keterampilan pemecahan masalah, dan meningkatkan kreativitas.
Berikut adalah gambaran umum tentang sejarah permainan puzzle.
Baca Juga:Kebiasaan yang Mencerdaskan Anak Wajib Dilakukan Sejak DiniMakanan Bernutrisi Tinggi untuk Perkembangan Otak
Sejarah Permainan Puzzel
Salah satu jenis puzzle tertua yang tercatat dalam sejarah adalah tangram, yang berasal dari Tiongkok pada abad ke-7 Masehi.
Tangram terdiri dari tujuh potongan geometris yang disusun untuk membentuk berbagai bentuk dan gambar.
Pada abad ke-18 dan ke-19, puzzle mulai menjadi populer di Eropa. Puzzle yang terdiri dari potongan-potongan kayu atau logam.
Kemudian akan disusun untuk membentuk pola atau gambar yang utuh sehingga banyak diminati orang.
Salah satu permainan puzzle paling ikonik, Kubus Rubik, diciptakan oleh Ernő Rubik, seorang profesor arsitektur Hungaria, pada tahun 1974.
Kubus ini terdiri dari potongan-potongan yang dapat diputar, potongan-potongan tersebut sehingga setiap sisi memiliki warna yang sama.
Dengan perkembangan teknologi komputer, puzzle juga merambah ke dunia permainan video.
Baca Juga:Ide Kegiatan Edukatif Anak di Rumah untuk Mengisi Weekend7 Manfaat Wisata Edukatif Anak untuk Hiburan dan Pengetahuan
Permainan seperti Tetris, yang dirilis pada tahun 1984, menjadi sangat populer di kalangan pemain video game.
Seiring dengan perkembangan internet dan perangkat mobile, puzzle digital menjadi semakin populer.
Ada berbagai jenis puzzle digital, mulai dari teka-teki logika hingga puzzle visual yang menantang.
Selain tangram dan kubus Rubik, puzzle modern memiliki berbagai bentuk dan jenis, termasuk teka-teki silang, sudoku, kakuro, dan banyak lagi.
Puzzle-puzzle ini sering ditemukan di majalah, buku, dan aplikasi permainan.